SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Semarangpos.com, KUDUS — Komandan Kodim 0722/Kudus Letkol Inf. Sentot Dwi Purnomo, Senin (17/12/2018), menduduki kotak suara Pemilu 2019. Langkah itu dilakukan demi mendukung Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kudus yang mendemonstrasikan kekuatan kotak suara yang terbuat dari bahan duplex atau karton kedap air di Markas Komando Distrik Militer (Kodim) 0722//Kudus, Jawa Tengah. 

Kotak suara berukuran 40 cmx40 cmx60 cm tersebut juga sempat diuji oleh Ketua KPU Kudus Naily Syarifah dengan cara diduduki. Langkah serupa juga dilakukan seorang jurnalis yang ikut-ikutan berdiri di atasnya. Nyatanya, kotak suara itu cukup kuat. Bentuknya tak berubah setelah diduduki ataupun dipijak.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Akan tetapi, ketika kotak suara tersebut dibalik kemudian didudukinya kembali sembari kedua kedua kakinya diangkat ternyata alas yang diduduki ambles.

Meski demikian, Ketua KPU Kudus Naily Syarifah meyakinkan kotak suara yang terbuat dari karton tersebut tidak akan rusak ketika diisi surat suara karena berat total kertas suara maksimal di setiap TPS sekitar 10 kg. Sementara itu, beban maksimalnya kotak suara berbahan dasar karton itu mampu menahan beban lebih dari 80 kg.

Menghadapi musim penghujan seperti sekarang, kata dia, tidak ada permasalahan dengan kotak suara tersebut meskipun terkena percikan air. Ia memastikan kotak suara tetap aman walaupun dalam keadaan basah. Keunggulan lain dari kotak suara yang terbuat dari karton tersebut, katanya, adalah lebih transparan dan ringan.

Untuk jumlah kotak suara yang diterima KPU Kabupaten Kudus sebanyak 15.345 kotak suara yang akan dibagikan di setiap TPS sebanyak lima kotak suara, kemudian Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) sebanyak 11 kotak suara, dan di KPU ada satu kotak suara.

Komandan Kodim 0722/ Kudus Letkol Inf Sentot Dwi Purnomo mengatakan kotak suara terbuat dari kardus jenis duplex tersebut sudah dirancang sesuai amanat undang-undang. Untuk itu, kata dia, tidak perlu diragukan kelayakan kotak suara tersebut karena dibuat mampu menahan beban 80 kg sedangkan berat kerta 10-15 kg sehingga kemungkinan amblas kecil.

Dalam pelaksanaannya nanti, kata dia, TNI siap melakukan pengamanan. Adapun total personel yang diterjunkan pada Pemilu 2019 sebanyak 500 personel untuk melakukan pengamanan Pemilu 2019 di Kudus. 

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya