Dandim Karanganyar Bujuk OTG Jalani Isolasi di Tempat Isolasi Terpusat

Satgas Covid-19 Karanganyar tidak ingin muncul kasus pasien isolasi mandiri yang berakhir meninggal karena kurangnya pemantauan.

 Babinsa, Babhinkamtibmas, dan bidan desa memberikan bantuan obat kepada warga  isolasi mandiri di Karanganyar. Foto dirilis Minggu (1/8/2021). (Istimewa-Kodim 0727 Karanganyar)

SOLOPOS.COM - Babinsa, Babhinkamtibmas, dan bidan desa memberikan bantuan obat kepada warga isolasi mandiri di Karanganyar. Foto dirilis Minggu (1/8/2021). (Istimewa-Kodim 0727 Karanganyar)

Solopos.com, KARANGANYAR — Satgas Covid-19 Kabupaten Karanganyar mendorong warga terkonfirmasi Covid-19 berstatus orang tanpa gejala atau OTG di wilayah setempat agar mau menjalani isolasi di tempat isolasi terpusat. Tujuannya untuk memudahkan pemantauan kesehatan dan mengantisipasi adanya kasus kematian saat menjalani isolasi mandiri.

Dandim 0727 Karanganyar, Letkol Inf. Ikhsan Agung Widyo Wibowo, mengatakan saat ini upaya yang tengah dilakukan adalah membujuk warga terpapar Covid-19 agar mau menjalani isolasi di tempat isolasi terpusat.

Pria yang tergabung dalam Satgas Covid-19 Karanganyar tersebut mengatakan anjuran tersebut demi keamanan orang di sekitar pasien.

“Selain untuk menurunkan BOR [Bed Occupancy Rate], upaya itu untuk memutuskan rantai penularan dengan cara benar-benar memisahkan pasien terkonfirmasi dengan kontak erat mereka. Karena kalau dibiarkan satu rumah dengan keluarganya kan kasihan. Upaya kami utamanya adalah benar-benar memisahkan yang positif dengan yang negatif agar tidak bercampur,” ucap dia kepada Solopos.com, Minggu (1/8/2021).

Baca juga: Ayem, Pemkab Karanganyar Jamin Ketersediaan Oksigen Medis untuk Warga

Selain itu, upaya tersebut bertujuan untuk mempermudah pemantauan kesehatan pasien yang menjalani isolasi mandiri. Pasalnya, Satgas Covid-19 Karanganyar tidak ingin muncul kasus pasien isolasi mandiri yang berakhir meninggal karena kurangnya pemantauan seperti yang terjadi di beberapa wilayah lainnya.

“Kalau yang isolasi mandiri dipusatkan di satu tempat, akan lebih mudah pemantauannya. Kalau tiba-tiba muncul gejala akan langsung cepat penanganannya. Harapan kami semua tempat isolasi terpusat yang disediakan bisa digunakan semua untuk memfasilitasi para pasien isolasi mandiri. Kami juga menjamin semua fasilitasnya mulai dari kebutuhan sehari-hari saat isolasi kami penuhi,” imbuh dia.

Mengedukasi Masyarakat

Saat ini Kodim 0727 Karanganyar masih berupaya mengedukasi masyarakat terkait hal tersebut. Edukasi diberikan di tengah kegiatan sosial lainnya seperti saat membagikan bantuan sembako, obat, dan tracing.

Baca juga: Dua Warga Jaten Karanganyar Meninggal karena Leptospirosis, Ini Gejala yang Kerap Muncul

“Kemarin kami membagikan beras 40 ton dan obat untuk masyarakat yang isolasi mandiri. Saat membagikan kami edukasi juga dan membujuk agar mau menjalani isolasi di tempat isolasi terpusat untuk keamanan mereka dan anggota keluarga. Kami saat ini masih mengupayakan itu,” ucap dia.

Diberitakan sebelumnya, Pemkab Karanganyar menyiapkan Balai Latihan Kerja (BLK) Karanganyar yang berada di Bangsri, Karangpandan, sebagai tempat isolasi terpusat kabupaten untuk menekan persebaran Covid-19.

Tempat isolasi terpusat BLK Karanganyar memiliki kapasitas 78 unit tempat tidur. Plt Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Karanganyar, Purwati, menyampaikan pengelola tempat isolasi terpusat BLK sudah melaksanakan simulasi penanganan pasien Covid-19, Jumat (16/7/2021) lalu.

Baca juga: Kabar Baik, BOR Rumah Sakit Covid-19 di Karanganyar Mulai Turun


Berita Terkait

Berita Terkini

UNS Solo Dampingi IKM di Laweyan Penuhi Syarat SNI Batik

RG RITE Fakultas Teknik UNS Solo memberikan pendampingan kepada IKM Batik Pandono di Laweyan, Solo, agar memenuhi syarat sertifikasi batik.

Jadwal Pemadaman Listrik Sragen Hari Ini (25/10/2021), Mana Saja?

Berikut jadwal pemadaman listrik di Sragen, Jawa Tengah, hari ini, Senin (25/10/2021) yang berlangsung selama tiga jam.

Jadwal Pemadaman Listrik Solo dan Karanganyar Hari Ini (25/10/2021)

Berikut jadwal pemadaman listrik di Solo dan Karanganyar hari ini, Senin (25/10/2021) yang berlangsung selama tiga jam.

Kwarcab Pramuka Boyolali Targetkan 1.000 Pembina Bersertifikat KMD

Sertifikasi pembina pramuka menjadi urgen menyusul kegiatan kepanduan ini menjadi ekstrakurikuler wajib di sekolah yang menerapkan kurikulum 2013.

Suharno, Peternak Sukses Klaten Punya Kambing Etawa Dihargai Rp300 Juta

Suharno mengakui salah satu kambing etawa pejantan miliknya dihargai hingga Rp300 juta.

Berharap Showroom Bersama Kampung Batik Kauman Solo Dihidupkan Lagi

Kalangan pengusaha yang tergabung dalam Paguyuban Kampung Wisata Batik Kauman berharap showroom bersama produk batik lokal dihidupkan lagi.

Canon Mati Seusai Ditangkap Satpol PP Aceh, SAS Solo Tuntut Pengusutan

Komunitas Sahabat Anjing Surakarta menuntut pengusutan tuntas kasus anjing bernama Canon yang mati setelah ditangkap Satpol PP di Aceh.

Pemkot Solo Perbarui Kerja Sama Sister City dengan Xian & Zhuhai China

Kerja sama sister city antara Solo dengan dua kota di China diperbarui karena adanya perubahan aturan pada Peraturan Pemerintah.

Kambing Etawa Bikin Milenial Klaten Tertarik Geluti Peternakan

Menggeliatnya peternak kambing etawa di Klaten semakin menggaet kalangan milenial untuk menggeluti usaha bidang peternakan.

Harga Fantastis, Kambing Etawa Jadi Primadona Baru Peternak di Klaten

Meningkatnya jumlah peternak kambing etawa itu menyusul belakangan harga jual kambing tersebut kian fantastis.

SGS 2021, Panitia Yakin Target Rp800 M Tercapai Sebelum Akhir Bulan

Target transaksi Solo Great Sale atau SGS 2021 hingga akhir pekan ini tercapai Rp501 miliar dari total target Rp800 miliar pada akhir bulan nanti.

Ingin Dolan ke TSTJ Solo? Pengunjung Wajib Perhatikan Sejumlah Hal ini

Meski ada kelonggaran, sejumlah aturan tetap harus diperhatikan oleh para pengunjung objek wisata kebun binatang TSTJ Solo.

Rusak, Jl Duwet Raya di Perbatasan Solo-Sukoharjo-Karanganyar Direhab

Pemkot Solo memperbaiki Jl Duwet Raya di perbatasan Solo-Sukoharjo-Karanganyar yang selama beberapa tahun terakhir rusak dan banyak lubang.

Banteng vs Celeng, PDIP Klaten Madep Mantep dengan Megawati

Ketua DPC PDIP Klaten, Sri Mulyani, mengatakan tidak ada dukung mendukung di internal PDIP Klaten dengan narasi banteng vs celeng.  

Siap-Siap! 29 Sekolah Lagi di Solo bakal Dites Swab Acak

Tes swab PCR secara acak di lingkungan bakal digelar di Kota Solo dengan sasaran 29 sekolah jenjang SD, SMP, dan SMA sederajat.

Puluhan Kader Perempuan PDIP Klaten Ikuti Pembekalan Politik PUAN

Dengan pembekalan tersebut, Sri Mulyani berharap semakin banyak kader perempuan PDIP Klaten yang mengisi pembangunan di Kabupaten Bersinar.