SOLOPOS.COM - Ilustrasi (wordpress.com)

Ilustrasi (wordpress.com)

JOGJA—Warga bukan pemegang KMS, hingga tahun 2013 mendatang dipastikan belum dapat menerima santunan kematian (Sankem). Selain masih terbentur aturan berupa Permendagri No. 39/2012, Pemerintah Kota (Pemkot) Jogja juga tidak mengalokasikan dana dalam APBD 2013.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Padahal, total dana Sankem yang dianggarkan pada 2013 sebesar Rp 1,44 miliar. Seluruhnya diperuntukkan bagi pemegang KMS (Kartu Menuju Sejahtera) di mana masing-masing mendapatkan dana Sankem sebesar Rp1,2 juta atau naik 100% dari dana Sankem tahun ini.

Ekspedisi Mudik 2024

“Dana Sankem 2013 naik 100%, tapi tetap untuk warga yang memiliki risiko sosial yang tinggi, yakni pemegang KMS,” jelas Kepala Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Kota Jogja, Muh Sarjono, Senin (10/12/2012) di kantornya.

Meskipun begitu, per Januari 2013 Dinsosnakertrans akan mengoperasikan dua unit mobil ambulan dan mobil jenazah. Baik warga pemegang KMS maupun non KMS dapat mempergunakan secara gratis untuk pelayanan jenazah. “Jadi, semua warga Jogja bisa dilayani untuk menggunakan mobil jenazah secara gratis,” kata Sarjono.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya