Dana Rp2,6 Miliar Ngendap Tak Terpakai di Distan KP Sragen, Kok Bisa?

DPRD Sragen mengkritik adanya anggaran Rp2,6 miliar yang mengendap tak terpakai di Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (Distan KP) Sragen sepanjang 2021.

 Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (Distan KP) Sragen. (google maps)

SOLOPOS.COM - Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (Distan KP) Sragen. (google maps)

Solopos.com, SRAGEN — Dana senilai Rp2,1 miliar mengendap tak terpakai di Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (Distan KP) Kabupaten Sragen sepanjang 2021. Anggaran itu sedianya untuk membayar tunjangan fungsional pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK).

Namun tunjangan itu tak terbayarkan dengan alasan PPPK di Distan KP belum dilantik jadi tenaga fungsional. Adanya anggaran yang mengendap tersebut terungkap dalam rapat kerja Komisi II DPRD Sragen yang mengkritisi Pertanggungjawaban APBD 2021.

PromosiHari Keluarga Nasional: Kudu Tepat, Ortu Jangan Pelit Gadget ke Anak!

Temuan tersebut juga diungkapkan dalam rapat paripurna DPRD Sragen dengan agenda laporan komisi-komisi terkait dengan Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD 2021, Jumat (17/6/2022).

“Kami mendesak kepada pemerintah supaya pemerintah segera membayarkan tunjangan tersebut,” kata Ketua Komisi II DPRD Sragen, Hariyanto, kepada Solopos.com, Jumat (17/6/2022).

Baca Juga: FPDIP DPRD Sragen Siap Patungan Kembalikan Gaji 2 Tahun Suwarti

Ia memberikan data tentang anggaran gaji dan tunjangan aparatur sipil negara (ASN) di Distan KP Sragen 2021 yang mencapai Rp18.454.648.159. Anggaran tersebut meningkat setelah adanya pergeseran refocussing menjadi Rp21.731.248.159.

Kemudian pada APBD Perubahan 2021 turun sedikit menjadi Rp21.416.248.159. Pada realisasinya hanya terpakai Rp18.754.133.924 atau 87,57%. Atas dasar realisasi itulah, Hariyanto, menyebut ada sisa lebih pelaksanaan anggaran (silpa) senilai Rp2.662.114.235 atau 12,43%.

Anggota Komisi II lainnya, Sri Pambudi, menerangkan adanya silpa karena eksekutif telah mengalokasikan anggaran tunjangan fungsional sementara aturannya belum ada.

“Atas dasar itulah, Komisi II meminta Distan KP untuk mengomunikasikan tentang kepastian pengangkatan PPPK menjadi tenaga fungsional kepada BKPSDM [Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia] atau ke instansi vertikal di atasnya. Anggaran yang tidak ada kepastian hukumnya menjadi muspra [sia-sia]. Dalam perencanaan anggaran itu harus jelas target dan regulasinya, bukan jaga-jaga,” ujar Pambudi.

Baca Juga: DPRD Sragen Usulkan 3.372 Kegiatan Pembangunan Untuk 2023

Anggaran sebesar itu seharusnya bisa digunakan untuk pembangunan yang lain. Dia mewanti-wanti jangan sampai kasus seperti ini terulang di anggaran 2022 ini.

“Dalam perencanaan anggaran itu harus jelas parameternya. Jangan kira-kira, apalagi jaga-jaga. Kalau tidak ada regulasinya kenapa tetap dianggarkan?” katanya.

Sementara itu, Sekretaris Distan KP Sragen, Wakanto Joko, menyampaikan munculnya silpa 2021 di Distan & KP itu memang sebagian besar untuk anggaran tunjangan fungsional PPPK. Karena PPPK belum dilantik sebagai tenaga fungsional maka anggaran tunjangan fungsional itu belum bisa dibayarkan.

Wikanto tidak menjelaskan berapa jumlah PPPK di Distan KP. Ia juga tidak menjelaskan tentang aturan tunjangan fungsional itu seperti apa.

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Lekukan Garis Pantai Jawa Tengah Hasil Pertemuan Sesar Mendatar

+ PLUS Lekukan Garis Pantai Jawa Tengah Hasil Pertemuan Sesar Mendatar

Garis Pantai Utara dan Selatan Jawa Tengah menyempit masuk lebih ke dalam membentuk lekukan (indentasi) dibandingkan dengan garis Pantai Utara dan Selatan Jawa Barat dan Jawa Timur diduga merupakan hasil pertemuan sepasang sesar mendatar besar yang saling berlawanan arah.

Berita Terkini

Prakiraan Cuaca Sragen Hari Ini: Tanpa Potensi Hujan

Prakiraan cuaca di Sagen hari ini, Jumat (1/7/2022) akan sama seperti kemarin. Cuaca berawan mendominasi tanpa ada potensi turun hujan.

Prakiraan Cuaca Karanganyar Hari Ini: Lebih Bersahabat

Cuaca cerah berawan akan menemani Anda, warga di Karanganyar, mengawali  Jumat (1/7/2022) pagi ini. Tak perlu khawatir akan turun hujan karena prakiraan cuaca Karanganyar hari ini akan didominasi berawan.

Hari Ini Cerah Berawan, Cek Prakiraan Cuaca Sukoharjo Jumat 1 Juli 2022

Berikut ini prakiraan cuaca wilayah Sukoharjo hari Jumat (1/7/2022) yang tersaji secara lengkap.

Prakiraan Cuaca Solo 1 Juli: Cerah Berawan, Waspada Angin Dari Timur

Cuaca Kota Solo hari ini, Jumat (1/7/2022), berdasarkan prakiraan BMKG Solo akan berawan dan cerah berawan.

Prakiraan Cuaca Boyolali Hari Ini 1 Juli 2022: Cerah Berawan Ada Hujan

Simak prakiraan cuaca wilayah Boyolali hari Jumat (1/7/2022) dalam artikel ini.

Prakiraan Cuaca Wonogiri Hari Jumat Ini: Cerah Berawan Pagi

Prakiraan cuaca Wonogiri hari ini Jumat 1 Juli 2022 tersaji dalam artikel ini secara lengkap.

Prakiraan Cuaca Klaten Hari Jumat Ini: Berawan Pagi-Malam

Prakiraan cuaca Klaten hari ini Jumat 1 Juli 2022 tersaji dalam artikel ini secara lengkap.

Pedagang Tak Tahu Pasar Jongke-Kabangan Digabung, Ini Kata Disdag Solo

Dinas Perdagangan Kota Solo belum melakukan sosialisasi secara menyeluruh mengenai rencana penggabungan Pasar Jongke-Kabangan.

Penuhi Kebutuhan PLTSa Putri Cempo, DLH Solo Siap Impor Sampah 10 Tahun

DLH Solo saat ini tengah berdiskusi dengan pemerintah daerah sekitar mengenai rencana impor sampah untuk memenuhi kebutuhan PLTSa Putri Cempo yang akan beroperasi Desember 2022.

Mobil Meluncur ke Jurang di Boyolali Sempat Terbang dan Tabrak Pohon

Video tentang mobil berwarna merah yang hilang kendali di sebuah jalan turunan hingga akhirnya terjun ke jurang viral di media sosial.

Heboh, Gubernur Ganjar Diserbu Emak-Emak Saat Kunjungi Sukoharjo 

Gubernur Ganjar datang ke Sukoharjo untuk memantau pelaksanaan vaksinasi PMK pada hewan ternak.

Ada Kecamatan Tak Punya SMA Negeri Di Solo, Ombudsman Bilang Begini

Ombudsman RI menyoroti tidak adanya SMA negeri di Pasar Kliwon saat kunjungan ke Kota Solo, meminta Pemprov Jateng segera mencari solusi.

Bawang Merah Langka, Pengepul Luar Kota Datangi Petani di Selo Boyolali

Kelangkaan bawang merah terjadi karena para petani bawang merah mengalami gagal panen.

Polemik Holywings, Apa Pengaruhnya ke Pembangunan Holywings Solo Baru?

Holywings Solo Baru dibangun oleh PT Alpha Solo Berjaya yang menyewa lahan seluas 1.500 meter persegi di sisi timur The Park Mall Solo Baru.

Uji Coba PLTSa Putri Cempo Solo: Jenis Sampah Ini Tidak Bisa Diolah

Sampah basah sehabis hujan sempat menjadi kendala saat uji coba PLTSa di TPA Putri Cempo, Mojosongo, Solo, yang dimulai Selasa (28/6/2022).

3 Penganiaya Nasabah Bank Plecit Wonogiri Divonis 5 Bulan Penjara

Majelis hakim Pengadilan Negeri (PN) Wonogiri memvonis lima bulan penjara kepada tiga terdakwa kasus penganiayaan kepada nasabah bank plecit di Kabupaten Wonogiri, Kamis (30/6/2022).