SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/SOLOPOS/Sunaryo Haryo Bayu)

Ilustrasi (JIBI/SOLOPOS/Sunaryo Haryo Bayu)

SOLO-Serapan dana program Pemeliharaan Kesehatan Masyarakat Solo (PKMS) hingga Juni 2012 ini baru sekitar Rp7 miliar atau 30% dari total dana yang dianggarkan dalam APBD 2012 senilai kurang lebih Rp21 miliar.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kendati demikian, Dinas Kesehatan Kota (DKK) Solo tetap menyiapkan rencana pengajuan tambahan anggaran dalam APBD Perubahan. Hal itu untuk mengantisipasi kekurangan anggaran mengingat adanya tambahan jumlah peserta PKMS kategori gold sebanyak 1.300 peserta pada tahun ini.

“Sampai bulan ini anggarannya masih ada Rp14 miliar. Kalaupun mengajukan tambahan di     APBD Perubahan paling hanya sedikit. Kami masih menghitungnya,” jelas Kepala DKK Solo, dr Siti Wahyuningsih, saat diwawancarai wartawan, Rabu (20/6/2012).

Ning, mengungkapkan, posisi terakhir jumlah peserta PKMS totalnya mencapai 227.000 jiwa, terdiri atas peserta PKMS silver sebanyak 213.000 jiwa sedangkan PKMS gold, termasuk penambahan 1.300 peserta pada tahun ini, sebanyak 14.000 jiwa.

Menurut Ning, jumlah peserta PKMS itu, khususnya kategori silver terus berubah karena warga bisa mendaftar sewaktu-waktu. Sedangkan untuk kategori gold pun potensi penambahannya masih sangat besar, terutama mengingat kebiasaan masyarakat yang cenderung mengabaikan kebutuhan akan jaminan kesehatan sampai mereka benar-benar sakit atau membutuhkan.

Klaim dari 13 rumah sakit rekanan sendiri, menurut Ning, sejauh ini sudah cukup tertib setiap bulannya. Nilai klaim yang dikeluarkan rata-rata Rp1 miliar per bulan.

“Kami terus berupaya memperbaiki sistem penyelenggaraan PKMS ini agar benar-benar tepat sasaran. Masyarakat juga kami harapkan kesadarannya. Jangan menunggu ada yang sakit baru terpikir untuk mendaftar PKMS,” kata Ning.

Sebagaimana diinformasikan, jumlah peserta PKMS kategori gold pada tahun 2012 ini memang ada penambahan sebanyak 1.300 jiwa. Di antara mereka ada yang peserta baru tapi juga ada yang peralihan dari PKMS silver. Selain persyaratan administrasi mereka juga diverifikasi dengan home visit. Direncanakan data PKMS gold akan diperbarui setiap enam bulan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya