SOLOPOS.COM - Ilustrasi (Dok/JIBI/SOLOPOS)

Ilustrasi (Dok/JIBI/SOLOPOS)

SOLO–Dana pendamping Bantuan Operasional Sekolah (BOS) SMP senilai Rp1.764.750 bakal cair bulan ini.

Promosi Cerita Klaster Pisang Cavendish di Pasuruan, Ubah Lahan Tak Produktif Jadi Cuan

Dana yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Provinsi Jawa Tengah itu akan diberikan kepada semua SMP negeri dan swasta di Solo.

Kepala Seksi Sarana Prasarana Pendidikan Dasar SMP Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Solo, Habib Winarto, menjelaskan dana pendamping BOS itu kan diberikan kepada sekitar 35.259 siswa di 95 SMP negeri dan swasta di Solo, dengan alokasi Rp50.000 per siswa per tahun.

“Karena diperkirakan cair November, dana ini dapat digunakan mulai semester II,” jelasnya saat ditemui wartawan beberapa waktu lalu.

Saat ini dana pendampingan BOS sedang menunggu SK Walikota untuk proses pencairan, sedangkan sekolah telah mengumpulkan proposal ke Disdikpora. Proses pencairan akan dilakukan langsung ke rekening sekolah setelah dana dari Provinsi masuk ke kas daerah.

Dana pendamping BOS itu berfungsi untuk membiayai beragam kegiatan seperti 13 poin penggunaan BOS, antara lain untuk pembelian atau penggandaan buku teks pelajaran, kegiatan penerimaan siswa baru, dan kegiatan ekstrakurikuler.

Kepala SMP 15 Solo, Poernomo Irianto, menjelaskan sekolah akan secepatnya melaksanakan penggunaan dana pendamping BOS setelah pencairan dilakukan. Sampai saat ini sekolah masih menunggu informasi mengenai pencairan dana pendamping BOS itu.

“Kami masih menunggu dicairkan,” jelasnya ketika ditemui wartawan, Senin (5/11/2012).

Poernomo memaparkan dengan BOS, dana pendamping BOS dan Bantuan Pendidikan Masyarakat Solo (BPMKS), tahun ini semua siswa asli Solo yang bersekolah di Solo sudah tidak dikenakan biaya apa pun, karena semua biaya operasional sekolah telah terpenuhi dari tiga sumber bantuan itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya