SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Karanganyar (Espos)--Program penanggulangan penyakit flu burung atau aviav influenza (AI) di daerah terancam tidak optimal, menyusul penghentian bantuan operasional petugas participatory diseases and surveillance responses (PDSR), per Mei 2010.

Sebagai gantinya, daerah hanya akan menerima bantuan untuk Petugas Veteriner Unggas Komersial (PVUK). Berbeda dengan PDSR yang lebih terfokus pada kasus-kasus flu burung di sektor peternakan IV atau backyard farm, penanggulangan AI dengan sistem baru akan memprioritaskan pada usaha-usaha peternakan berskala besar, dengan populasi minimal sebanyak 25.000 ekor.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakkan) Kabupaten Karanganyar, Muh Hatta, dalam penjelasannya kepada wartawan menyebutkan dihentikannya bantuan operasional bagi PDSR dari pusat menuntut kemandirian daerah untuk penanganan AI. Pemkab harus mengalokasikan sendiri dana guna keberlanjutan program penanggulangan flu burung yang berorientasi ke sektor IV.

Ekspedisi Mudik 2024

“Pembiayaan PDSR selama ini diberikan pusat bekerja sama dengan FAO (Food and Agricultural Organization). Tetapi per Mei 2010 sudah berakhir dan dialihkan ke PVUK yang fokus di commercial farm. Karena itu praktis untuk backyard farm daerah harus menganggarkan sendiri melalui APBD,” ungkapnya ditemui di ruang kerjanya, pekan lalu, didampingi petugas PDSR, drh Sutiyarmo.

Hatta mengemukakan, sebelum dihapuskannya bantuan operasional PDSR tahun ini, pemerintah pusat lebih dulu menghentikan suplai vaksin AI sejak tahun 2009 lalu. Sehingga dalam penanggulangan AI, kabupaten/kota hanya bisa meminta bantuan obat ke Provinsi jika tidak mampu menyediakan sendiri.

Dia menambahkan, meski pengalihan bantuan PDSR ke PVUK tidak serta merta membuat penanganan AI di peternakan unggas sektor IV dikesampingkan, pelaksanaannya sangat bergantung pada ketersediaan dana di APBD. Hal itu, ujarnya, mengingat faktor anggaran menjadi kendala utama operasional kegiatan, tidak terkeceuali untuk pembelian alat-alat kelengkapan dan obat yang diperlukan.

try

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya