SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Semarangpos.com, KUDUS — Pemerintah Kabupaten Kudus menargetkan pencairan dana kelurahan di daerah setempat mulai Mei 2019. Target itu didasarkan selesainya perubahan Peraturan Bupati Kudus tentang Penjabaran APBD 2019.

“Bulan Mei 2019 merupakan tahap pertama pencairan karena nantinya dicairkan tiga kali,” kata Kepala Badan Pengelolaan Pendapatan, Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Kudus Eko Djumartono di Kudus, Jawa Tengah, Senin (8/4/2019).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Untuk pencairan berikutnya, kata dia, tentunya ada persyaratan administrasi yang harus dipenuhi, salah satunya terkait laporan penggunaan dana tersebut. Setelah revisi perbup dilakukan, kata dia, tahap berikutnya Pemkab Kudus akan menyampaikannya kepada DPRD Kudus.

Dengan selesainya perubahan Perbup tentang Penjabaran APBD 2019, maka masing-masing kelurahan juga sudah menyusun Rencana Kerja dan Anggaran (RKA) karena dasar perubahan perbup tersebut merupakan RKA. Ia mengatakan dana kelurahan tersebut bisa digunakan untuk pengembangan infrastruktur dan pemberdayaan masyarakat.

Alokasi dana kelurahan yang diterima Kabupaten Kudus dari Pemerintah Pusat adalah Rp3,18 miliar. Dengan alokasi dana senilai itu, kata dia, masing-masing kelurahan di Kudus akan mendapatkan dana sebesar Rp352,94 juta.

Kesembilan kelurahan yang ada di Kabupaten Kudus, yakni Purwosari, Wergu wetan, Wergu Kulon, Panjunan, Mlati Norowito, Mlati Kidul, Kajeksan, Sunggingan dan Kerjasan. Terkait penggunaan dana kelurahan tersebut, kata dia, di beberapa daerah ada yang membentuk tim pengelola pengadaan dan sebagian lagi menunjuk kontraktor pelaksana.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya