SOLOPOS.COM - DUKUNGAN -- Mural bertema dukungan atas status istimewa DIY terlihat di salah satu sudut jalan di Kota Jogja beberapa waktu lalu. (JIBI/Harian Jogja/Desi Suryanto)

Dana keistimewaan akan disalurkan hingga padukuhan

Harianjogjacom, JOGJA — Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono X mengupayakan penyaluran dana keistimewaan (Danais) sampai ke pedukuhan pada 2018. Agar dapat segera direalisasikan, launching desa budaya harus dipercepat.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sebelumnya, dalam berbagai pertemuan di DPRD DIY, Paguyuban Dukuh se-DIY mengeluhkan belum tersalurkan danais sampai ke pedukuhan. Di tahun anggaran 2017, DIY mendapatkan dana otonomi khusus atau danais sebesar Rp853,90 miliar dari pemerintah pusat. Dari besaran itu sebesar Rp470 miliar di antaranya digunakan untuk urusan kebudayaan.

Ekspedisi Mudik 2024

HB X selaku Gubernur DIY sejatinya telah merencanakan pemerataan danais hingga ke pedukuhan. Dalam rapat koordinasi triwulan yang dihadiri pejabat kabupaten/kota se-DIY, Sultan menegaskan, perlunya percepatan launching desa budaya agar danais bisa sampai ke pedukuhan.

Sultan menegaskan, saat ini Dinas Kebudayaan sudah ada di tiap kabupaten/kota, oleh karena itu peluncuran desa budaya harus segera dilakukan. Terkait nama program tersebut tentu akan didiskusikan dengan kabupaten/kota. Apakah memilih nama desa budaya, desa mandiri dan berbudaya, atau pilihan lain, hal itu butuh kesepakatan bersama.

“Kami ingin secepatnya karena sudah ada Dinas Kebudayaan kabupaten/kota, saya ingin mempercepat launching desa itu kita nyatakan desa budaya. Kalau undang-undang desa kan desa adat, apakah cukup desa budaya atau desa mandiri dan berbudaya atau apapun kita perlu kesepakatan,” ungkap Sultan di Hotel Inna Garuda, pekan lalu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya