Tutup Iklan

Dan, Orang Tua Pun Suka Aplikasi Bank Digital

Aplikasi perbankan digital di bawah kelola Bank Tabungan Pensiunan Nasional (BTPN), Jenius, pertumbuhan pengguna year on year menembus angka 22,3% per September lalu.

 Tangkapan layar jumpa pers virtual bersama manajemen Jenius-BTPN, Kamis (25/11/2021) (Istimewa)

SOLOPOS.COM - Tangkapan layar jumpa pers virtual bersama manajemen Jenius-BTPN, Kamis (25/11/2021) (Istimewa)

Solopos.com, SOLO — Tren penggunaan aplikasi bank digital terus tumbuh kurun waktu dua tahun terakhir. Pemakainya bahkan semakin banyak mulai usia dewasa hingga tua.

Berdasarkan riset aplikasi perbankan digital di bawah kelola Bank Tabungan Pensiunan Nasional (BTPN), Jenius, pertumbuhan pengguna year on year menembus angka 22,3% per September lalu. Khusus untuk Jenius, jumlahnya menjadi sekitar 3,51 juta orang yang tersebar di dalam hingga luar negeri.

Digital Banking Business Product Head Bank BTPN, Waasi B. Sumintardja, dalam jumpa pers daring, Kamis (25/11/2021), menjelaskan penggunaan fiturnya juga mulai bergeser. Saat ini Jenius memiliki tiga fitur favorit yakni Jenius pay, pembayaran integrasi e-commerse, serta fitur scan QR.

“Tambah mitra kami dalam ekosistem Jenius, termasuk donasi, kirim uang, dan share it. Namun untuk pengambilan di ATM menurun,” terangnya.

Sebelumnya Waasi mengatakan Jenius diperuntukkan bagi anak muda milenial. Namun, seiring berjalannya waktu para senior mereka usia dewasa yakni 35 tahun ke atas, banyak yang bergabung dengan aplikasi tersebut.

“Bahkan saya pernah di-share kalau ada masyarakat usia 67 tahun registrasi Jenius. Dulu memang milenial saja, sekarang komposisinya hampir seimbang,” tegasnya lagi.

Inovasi

Sementara itu, sebagai aplikasi digital berbasis milenial, mereka terus melakukan inovasi. Fiturnya tak hanya melayani transaksi keuangan. Namun juga mengembangkan sejumlah kolaborasi dengan konsep kokreasi. Mereka mengajak peran aktif pengguna lewat program Jenius Co.Creation

Semangat kokreasi dan kolaborasi mereka wujudkan dalam acara tahunan yang bertajuk Jenius Co.Creation Week 2021 pada 6–10 Desember 2021.

Mengusung tema Re.Creation, Jenius ingin mengajak masyarakat digital savvy -sebutan pengguna Jenius- untuk berekreasi menikmati beragam acara dan konten inspiratif.

Rangkaian acara daring bertema Co.Creation Week 2021 itu terdiri dari kompetisi, workshop, conference, dan talks dengan tiga pilar yaitu technology, life, dan finance.

Baca Juga: Transaksi Digital Banking Bisa Capai Rp48.000 Triliun di 2022 

Hingga Oktober 2021, Jenius telah mendengar lebih dari satu juta suara dari 35.000 Co.Creator, atau anggota komunitas Jenius Co.Create yang terdaftar di platform cocreate.id.

Selain itu, Jenius juga mendengarkan masukan dan ide digital savvy melalui lebih dari 600 survei daring, diskusi kelompok, dan wawancara mendalam yang melibatkan lebih dari 83.000 masyarakat.

Jenius Co.Creator, Wahyu Pratomo, dalam jumpa pers menyebutkan sejumlah manfaat menjadi pengguna bank digital seperti Jenius.

Salah satunya yakni pengelolaan keuangannya menjadi lebih tertata. Menariknya, ia juga bisa mengajukan fitur-fitur tambahan yang belum tersedia di Jenius dengan bergabung menjadi Jenius Co.Creator.

 


Berita Terkait

Berita Terkini

Tertahan, Simpanan Anggota KSP SB Solo Ada yang Sampai Rp570 Juta Lho

Nilai uang simpanan para anggota KSP Sejahtera Bersama Regional Solo yang masih tertahan hingga saat ini bervariasi dan ada yang mencapai Rp570 juta seorang.

Djaran Goyang-Magbul, Ini Merek Rokok Ilegal Dimusnahkan di Sukoharjo

Ribuan bungkus rokok ilegal hasil sitaan Kantor Bea dan Cukai Surakarta dalam ratusan kali operasi penegakan selama 2020-2021 dimusnahkan di Sukoharjo.

UMK Wonogiri Naik 0,07%, SPSI: Harusnya Lebih dari Inflasi 1%

UMK Wonogiri naik sekitar 0,07% disbanding tahun lalu.

Masalah Adminduk Persulit Advokasi Orang dengan HIV/AIDS di Wonogiri

Masalah administrasi kependudukan mempersulit Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kabupaten Wonogiri untuk mengadvokasi orang dengan HIV/AIDS.

Sukses di Bendosari, Bazar Tani Ditiru 11 Kecamatan Lain Se-Sukoharjo

Kecamatan Bendosari dianggap sukses menggelar bazar tani sehingga Distankan Sukoharjo meminta semua kecamatan mengadakan kegiatan serupa.

Naik Kelas Tipe C, RS Waras Wiris Andong Boyolali Berbenah

Saat ini, RS memiliki kapasitas 101 tempat tidur, fasilitas CT Scan 128 slide, rontgen panoramic hingga USG 4 Dimensi.

Jalan Setapak ke Situs Watu Genuk Kragilan Boyolali bakal Dicor

Hasil ekskavasi yang digelar Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Tengah lalu membikin peluang pengembangan kawasan wisata di sana makin terbuka.

Makin Wah, Tirto Mili Klaten bakal Dilengkapi Embung dan Pulau Buatan

Pemancingan Tirto Mili di Desa Pasung, Wedi, Klaten, bakal ditingkatkan dengan membangun embung dilengkapi pulau buatan.

KSP Sejahtera Bersama Solo Bermasalah, Anggota Minta Atensi Pemerintah

Pemerintah diharapkan bisa hadir dan membantu memberikan solusi atas kasus gagal bayar koperasi simpan pinjam seperti yang terjadi di KSP Sejahtera Bersama Solo.

Optimalkan Pajak Galian C, Pemkab Klaten Gandeng Desa di Lereng Merapi

Bupati Klaten Sri Mulyani berharap warga ikut membantu mengendalikan aktivitas pertambangan galian C.

Umur Kurang 1 Bulan, Perempuan Menangis Gagal Daftar Perdes Wonogiri 

Seorang perempuan warga Pokoh Kidul sampai menangis tidak bisa mendaftar perangkat desa sebab umurnya kurang satu bulan.

Pasar Legi Solo Segera Ditempati, Gibran: Aturannya bakal Lebih Ketat!

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengatakan akan membuat aturan baru yang lebih ketat di Pasar Legi untuk mencegah terulangnya kebakaran pada 2018 lalu.

Pakar Pengupahan UNS Solo: Penetapan UMK 2022 Untungkan Pengusaha

Pakar pengupahan yang juga akademisi UNS Solo menilai penetapan UMK 2022 yang berdasarkan PP No 36 lebih berpihak pada kalangan pengusaha ketimbang pekerja.

Ini Poin-Poin SE Wali Kota Solo Terkait Pengetatan Jelang Libur Nataru

SE Wali Kota Solo tentang PPKM yang terbit pada Selasa (30/11/2021) mengatur sejumlah pengetatan aktivitas masyarakat sebagai antisipasi libur Nataru.

Pelaku Begal Payudara di Klaten Ditangkap, Mengaku Beraksi 10 Kali

Pelaku berinisial F, 31, warga Kecamatan Klaten Tengah, ditangkap di rumahnya, Selasa (30/11/2021) pagi.