SOLOPOS.COM - Penjualan sepatu slip-on putih Vans ikut terkerek berkat Squid Game. (Netflix)

Solopos.com, SOLO-Tak sedikit masyarakat  menganggap  drama Korea hanyalah hiburan, padahal di balik itu ia memiliki sejumlah dampak postif, mulai dari sektor perekonomian suatu negara hingga kesehatan masyarakat. Disadari atau tidak, sejumlah serial dari Korea sengaja mengkampanyekan suatu isu melalui jalan ceritanya.

Bukan hanya memberikan dampak positif bagi ekonomi, drama Korea adalah memberikan edukasi mengenai kesehatan, baik fisik maupun jiwa. Di sisi lain, tanpa disangka sebelumnya, beberapa drama juga turut andil dalam sektor pariwisata. Tak hanya pelancong dalam negeri, sejumlah tempat yang menjadi latar syuting suatu drama pun dibanjiri oleh wisatawan mancanegara.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Ya, drama Korea juga memberikan dampak positif bagi sektor pariwisata. Sejumlah lokasi syuting yang terlihat indah dan epik menjadi destinasi wisata dan ramai dikunjungi wisatawan.

Baca Juga: Efek Hiatus Penulis, Manga One Piece 1029 Terbit 24 Oktober 2021

Berikut adalah ulasan lengkap dampak positif drama Korea seperti dikutip dari Bisnis.com, Minggu (17/10/2021):

1. Tingkatkan kesadaran masyarakat akan donor organ

Pada season kedua, Hospital Playlist mengangkat isu donor organ dalam sejumlah episode. Atas hal tersebut, dikutip dari Naver, berdasarkan keterangan Organisasi Donor Darah dan Organ Nasional di Korea Selatan, terdapat 16.231 orang yang mendaftarkan diri sebagai pendonor terhitung dari 1 Juli hingga 11 Agustus. Jumlah tersebut naik tiga kali lipat dibandingkan periode yang sama pada tahun lalu. Di sisi lain, dalam jangka waktu seminggu jumlah pendaftar donor organ pun bertambah sebanyak 7.042 orang. Angka itu mengalami peningkatan sebelas kali lipat dibanding tahun lalu.

2. Lebih sadar akan isu kesehatan mental

Di samping menjadi hiburan, drama Korea sedikit banyak juga turut meningkatkan awareness masyarakat akan isu mental health. Adapun salah satu drama yang tersebut adalah It’s Okay, That’ Love. Serial yang dibintangi oleh Jo In-sung dan Gong Hyo-jin ini mendapatkan apresiasi dari Korean Society for Schizophrenia Research lantaran mengedukasi penontonnya tentang penyakit mental, seperti skizofrenia, Obsessive Complusive Disorder (OCD), dan sindrom Tourrette, serta bagaimana perjuangan para penderita penyakit tersebut.

3. Menumbuhkan minat belajar bahasa Korea

Dikutip dari Antara, minat masyarakat untuk belajar bahasa Korea meningkat gara-gara serial Squid Game. Aplikasi belajar bahasa Duolingo melaporkan bahwa terdapat 76 persen kenaikan pengguna baru yang belajar bahasa Korea di Inggris dan 40 persen di Amerika Serikat. “Peningkatan popularitas global musik, film, dan televisi Korea meningkatkan permintaan belajar bahasa Korea.

Baca Juga: Dokter Sarankan Nathalie Holscher Operasi Caesar, Ini Penyebabnya

Sekarang mereka adalah bagian dari ‘fenomena global’, belajar bahasa Korea telah menjadi aktivitas yang keren,” ungkap juru bicara Duolingo, Sam Dalsimer dikutip pada Minggu (17/10/2021).

4. Tingkatkan potensi pariwisata

Kepopuleran Winter Sonata meningkatkan kunjungan wisatawan ke Pulau Nami. (Detik)
dampak positif drama Korea Winter Sonata meningkatkan kunjungan wisatawan ke Pulau Nami. (Detik)

Kepopuleran Winter Sonata pada awal dekade 2000-an membuat masyarakat dunia mengenal dan tertarik untuk mengunjungi Nami Island di Korea Selatan. Dari catatan Korea Tourism Organization, sejak drama tersebut diputar di Jepang saja, wisatawan mancanegara meningkat menjadi 4,3 juta pada 2005. Mereka yang berkunjung umumnya napak tilas ke sejumlah lokasi syuting drama maupun film Korea yang mereka tonton.

5. Meningkatnya penjualan produk

Gara-gara Squid Game juga, sepatu Vans slip-on putih diburu oleh banyak kalangan. Dilansir dari Yahoo News, angka penjualannya bahkan meroket hingga 7.800 persen.

Baca Juga: Ariel Noah Nukang Saat Jadi Pengangguran

Tak cuma sampai di situ, menurut laporan dari Variety, di Amazon sendiri baju training atau setelan olahraga berwarna hijau yang dikenakan para pemain Squid Game itu telah masuk dalam jajaran produk bestseller. Adapun harga jual dari setelan tersebut ialah US$29 atau setara sekitar Rp412.000.

6. Terbukanya pintu kerja sama dengan negara lain

Drama Descendants of The Sun yang diperankan oleh Song Joong-ki dan Song Hye-kyo turut andil dalam makin baiknya hubungan China dengan Korea Selatan. Serial tersebut pun membuat penjualan produk Korea di China meningkat dan banyak perusahaan China yang tetarik berinvestasi di Korea.

Dikutip dari The Malay Mail Online, Mantan Presiden Korea Selatan, Park Geun-hye, mengatakan jika drama Descendants of the Sun memang memiliki dampak positif pada ekspor, seperti kosmetik, fesyen, dan makanan.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya