DAMPAK MUSIM KEMARAU : Diperkirakan 700.000 KK akan Alami Kekurangan Air Bersih

DAMPAK MUSIM KEMARAU : Diperkirakan 700.000 KK akan Alami Kekurangan Air Bersih

SOLOPOS.COM - Ilustrasi kekeringan (Dok/JIBI/Solopos)

Dampak musim kemarau tahun ini diperkirakan ratusan ribu keluarga akan kekurangan air bersih di Jawa Tengah. 

Solopos.com, SEMARANG-Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Tengah memprediksikan memasuki musim kemarau pada Juni 2015, sebagian besar kabupaten/kota akan mengalami bencana kekeringan.
Diperkirkan sekitar 700.000 kepala keluarga (KK) Jawa Tengah (Jateng) akan mengalami kekurangan air bersih pada musim kemarau mendatang.

Kepala BPBD Jateng, Sarwa Pramana mengatakan bencana kekeringan di daerah sudah merupakan kejadian rutin pada musim kemarau.

“Hampir semua kabupaten/kota di Jateng akan mengalami kekeringan pada musim kemarau Juni mendatang, terutama kekurangan air bersih,” katanya di Semarang akhir pekan lalu.

Saat ini, imbuh dia sudah ada beberapa desa di Kabupaten Wonogiri sudah mengalami kekeringan dan meminta droping air bersih kepada BPBD.

Untuk menghadapi bencana kekeringan, lanjut Sarwa, BPBD Jateng telah melakukan persiapan dengan melakukan koordinasi dengan BPBD kabupaten/kota.

“Bila ada permintaan air bersih dari daerah, BPBD akan segera melakukan droping air bersih,” tandasnya.
Sementara itu, Kepala Bidang Logistik dan Peralatan BPBD Jateng, Gembong Purwnto Nugroho mengungkapkan berdasarkan data bencana kekeringan pada 2014 terjadi di 26 kabupaten/kota.

Sedang daerah yang tidak mengalami bencana kekeringan antara lain, Solo, Sukoharjo, Tegal, Kota Magelang, dan Pekalongan.

Daerah yang paling parah mengalami kekeringan di antaranya, Grobogan, Pati, Kebumen, Wonogiri, dan Blora.
”Pada musim kemarau tahun ini [2015] diperkirakan kekeringan akan melanda daerah yang sudah menjadi langganan kekeringan,” ungkap dia.

Gembong memperkirakan bencana kekeringan 2015 akan menyebabkan sekitar 700.000 KK akan mengalami kekurangan air bersih.

Menghadapi bencana kekeringan, sambung dia, BPBD telah mempersiapkan dua truk tangki air berkapasitas 5.000 liter untuk droping air bersih.

Di samping itu, pada masing-masing badan koordinasi wilayah (bakorwil) di Jateng juga disiapkan dua truk tanki air berkapasitas 5.000 liter dan Palang Merah Indonesia (PMI) Jateng sebanyak delapan truk tangki air berkapasitas 5.000 liter.

”Masing-masing BPBD kabupaten/kota juga sudah menyiapkan anggaran dana penanganan bencana kekeringan rata-rata Rp100 juta,” ujar Gembong.
Dia menambahkan untuk penanganan bencana kekeringan 2014 BPBD Jateng menyalurkan bantuan senilai Rp6 miliar.
”Untuk tahun ini [2015] belum bisa memastikan, tergantung kebutuhan,” tandas dia.

Berita Terkait

Berita Terkini

Mau Bikin Video Klip Tema Alam? Cek Dulu Sekipan

Mau bikin video klip tema alam? Anda bisa cek ke Sekipan, Tawangmangu.

Pemboman Israel Hancurkan Gedung Pusat Media di Gaza

Pesawat-pesawat tempur Israel pada Sabtu (15/5/2021) menghancurkan sebuah gedung tempat sejumlah media internasional seperti Aljazeera dan Associated Press berkantor.

Istri PB XII Tutup Usia, Saatnya Regenerasi Pengelolaan Keraton Solo?

Petugas Humas dari Maha Menteri Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, K.G.P.H.P.A. Tedjowulan, K.P. Bambang Pradotonagoro, menilai sudah saatnya dilakukan persiapan regenerasi pengelolaan Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat.

Kita Harus Menjadi Guru

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu, 5 Mei 2021. Esai ini karya Ardian Nur Rizki, guru di Sekolah Indonesia Luar Negeri Johor Bahru, Malaysia.

BTS Jadi Bintang Tamu di "Friends: The Reunion," Begini Respons Penggemar

BTS jadi bintang tamu di Friends: The Reunion.

Mantap! TSTJ Solo Zoo Siapkan Wahana Makan Durian di Tepi Danau

Pengelola Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ) atau Solo Zoo menyiapkan wahana baru makan durian di pinggir danau untuk menarik pengunjung pada Libur Lebaran 2021.

Korban Perahu Wisata Terbalik di Waduk Kedungombo Boyolali: 5 dari Juwangi, 4 Grobogan

Sebanyak sembilan orang menjadi korban kecelakaan perahu wisata terbalik di Waduk Kedungombo, Boyolali, Sabtu (15/5/2021).

H+2 Lebaran, 11.700 Kendaraan ke Jateng Dipaksa Putar Balik

Sebanyak 11.700 kendaraan dari wilayah Jawa Barat (Jabar) yang menuju Jawa Tengah (Jateng) harus putar balik  pada H+2 Lebaran, Sabtu (15/5/2021).

Patroli Objek Wisata Air Klaten, Polisi Tak Temukan Pelanggaran Protokol Kesehatan

Pengelola objek wisata air Klaten juga sudah menyiapkan alat pengeras suara untuk mengimbau ke seluruh pengunjung.

Arus Turun Wisatawan dari Tawangmangu dan Ngargoyoso Lancar

Arus turun kendaraan wisatawan dari Ngargoyoso dan Tawangmangu, Karanganyar terpantau lancar Sabtu (15/5/2021) sore.

Mas Abby Eks Napi Teroris Yang Kini Mahir Meracik Siomay, Jualan di Sukoharjo

Kristianto alias Mas Abby mantan anggota Jamaah Ansharut Daulah (JAD) Malang kini berjualan siomay di sekitar kediamannya di wilayah Sukoharjo.

Lalu Lintas Wonogiri Ramai, Mayoritas Keluar Kota

Lalu lintas di jalan raya Wonogiri pada H+2 Lebaran, Sabtu (15/5/2021) terpantau masih ramai, tetapi lancar. Kebanyakan kendaraan keluar dari Wonogiri.