SOLOPOS.COM - Warga Dusun Laharpang, Suparman menggendong cucunya di depan rumahnya yang rusak terkena dampak letusan Gunung, Kelud, Kediri, Jawa Timur, Jumat (21/2/2014). Setelah status Gunung Kelud dinyatakan siaga, warga yang tinggal di pengungsian kini kembali ke rumahnya meskipun kondisi rumah mereka rusak berat dan hampir tidak bisa ditempati. (JIBI/Solopos/Antara/Rosa Panggabean)

Solopos.com, SURABAYA–Erupsi Gunung Kelud, Kamis (13/2/2014), dua pekan lalu berdampak terhadap 10.220 debitur perbankan dengan nilai kredit Rp331,5 miliar.
Kepala Regional 3 Otoritas Jasa Keuangan Yunnokusumo menguraikan berdasar data sementara potensi non performing loan alias kredit macet Rp331,5 miliar tersebar di 28 bank perkreditan rakyat dan 14 kantor cabang bank umum di Kediri, Malang dan Blitar serta Tulungagung.
“Kebijakan khusus apakah penjadwalan ulang atau penghapusan pinjaman belum ada, karena data masih dikumpulkan dan menunggu dasar hukum,” jelasnya seusai serah terima jabatan di Surabaya, Kamis (27/2/2014).
Yunnokusumo menjadi Kepala Regional 3 OJK menggantikan Adie Soesetyantoro yang kini menjadi Kepala Regional I OJK. Dalam acara kemarin diserahterimakan pula kepala kantor OJK Malang, Kediri dan Nusa Tenggara Timur.
Soal dampak erupsi Gunung Kelud, Ketua Asosiasi Asuransi Umum Indonesia Jawa Timur Rudy Bachtiar menuturkan belum ada laporan klaim terhadap asuransi. Meski demikian, pihaknya sedang meminta data potensi adanya klaim.
“Kalau seperti asuransi perjalanan tiket pesawat itu di pusat, tapi untuk properti, kendaraan yang terdampak debu belum ada laporan klaim,” jelasnya.
Menurutnya, daerah terdampak erupsi di Gunung Kelud yang memicu kerusakan parah banyak di daerah pedesaan. Sehingga kemungkinan baru sedikit yang ditanggung asuransi.
“Tapi untuk kepastian data kami sedang koordinasi dengan anggota.Termasuk kalau ada KPR terganggu nunggu klaim bank,” tegasnya.

Promosi Peneliti Harvard Ungkap Peran BRI Dorong Inklusi Keuangan lewat Digitalisasi

Ekspedisi Mudik 2024
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya