SOLOPOS.COM - Wisata Gua Pindul Gunungkidul (JIBI/Harian Jogja/Istimewa)

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Hujan abu vulkanik letusan Gunung Kelud menyebabkan wisatawan enggan berkunjung ke obyek wisata alam Gua Pindul.

Objek wisatadi Dusun Gelaran, Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo ini sepi pengunjung sejak tiga hari terakhir.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Haris Purnawan, pengelola Wirawisata mengatakan, biasanya setiap akhir pekan pengunjung Gua Pindul yang masuk melalui sekretariatnya mencapai lebih dari 1.500 pengunjung. “Sabtu dan Minggu kemarin pengunjung yang masuk cuma 200 orang,” kata Haris, Senin (17/2/2014)

Menurut Haris banyak wisatawan rombongan maupun perorangan yang membatalkan kunjungan ke Pindul gara-gara debu vulkanik. Setidaknya ada tiga rombongan yang membatalkan kunjungan dari wilayah Semarang, Jawa Tengah.

“Katanya jalannya banyak abu tidak bisa ke Pindul,” ucap Haris.

Kondisi yang sama juga dialami sekretariat Dewa Bejo. Selama Jumat, Sabtu dan Minggu, hanya menerima 250 pengunjung. “Ada enam rombongan sekitar 280 orang dari Jakarta yang membatalkan kunjungan per Sabtu kemarin,” kata Subagyo, pengelola Dewa Bejo.

Diakui Subagyo, sebagian yang membatalkan kunjungan ke Pindul bahkan sudah berada di hotel di Jogja. Namun wisatawan tidak berani naik ke Gunungkidul karena kondisi jalan yang penuh dengan abu vulkanik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya