SOLOPOS.COM - Candi Borobudur (JIBI/Solopos/Antara)

Solopos.com, JOGYA–Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Situs Istana Ratu Boko, pada 19 Februari dibuka kembali untuk kunjungan wisatawan setelah ditutup sementara mulai 14 Februari karena kawasan wisata tersebut diguyur hujan abu vulkanis erupsi Gunung Kelud.

“Meskipun demikian, wisatawan yang berkunjung ke taman wisata tersebut dengan akses terbatas karena sampai saat ini masih dilakukan kegiatan pembersihan bangunan candi dari abu vulkanik Gunung Kelud,” kata Direktur Operasi PT.Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko Retno Hardiasiwi di Candi Prambanan Yogyakarta, Rabu (19/2/2014).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Ia mengatakan, PT Taman Wisata Canbdi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko (TWCBPRB) bersama Balai Konservasi Borobudur (BKB) da Balai Pelestari Cagar Budaya (BPCB) Jawa Tengah maupun DIY, dalam rangka tanggap darurat bencana ,mulai 14 Ferbruari lalu melakukan koordinasi dan menyusun rencana recovery serta upaya membersihkan seluruh kawasan Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko.

“Pembersihan bangunan candi dan pelataran (zona I) maupuan Zona II dilakukan oleh personel BPCB Jateng dan DIY,” kata Retno.

Ia mengatakan bahwa dalam masa tanggap bencana tersebut dan selama dibuka kembali untuk kunjungan wisatawan dengan akses terbatas, pihak manajemen memberikan potongan tiket tanda masuk sebesar 30 persen dari harga normal kepada seluruh wisatawan yang berkunjung ke taman wisata tersebut.

“Selain itu, kami juga membagikan masker gratis kepada wisatawan untuk melindungi dari debu vulkanik Gunung Kelud,” katanya.

Potongan tiket tersebut, kata dia, untuk wisatawan nusantara yang berkunjung ke Taman Wisata Candi Borobudur dan Candi Prambanan menjadi Rp20.000 per orang dari harga normal Rp30.000/orang.

“Untuk wisatawan mancanegara di Borobudur dari harga tiket 20 dolar AS mendapat potongan menjadi 13 dolar AS/orang dan Candi Prambanan dari 18 dolar AS menjadi 12 dolar AS per orang,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya