Bukaan median Jl. dr. Moewardi, Kota Barat, Solo. (Solopos/Dok)

Solopos.com, SOLO -- Jalan dr. Moewardi kawasan Kota Barat diprediksi menjadi salah satu jalur rawan padat dan macet sebagai dampak pengalihan arus lalu lintas dari lokasi pembangunan flyover Purwosari mulai Februari mendatang.

Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Solo berencana menutup permanen bukaan median jalan yang kerap dipakai pengendara untuk berbalik arah. Bukaan median jalan itu kerap membuat arus lalu lintas tersendat.

Kepala Bidang Lalu Lintas, Dishub Kota Solo, Ari Wibowo, kepada Solopos.com, Rabu (22/1/2020), menjelaskan saat ini terdapat dua bukaan median jalan yakni di simpang empat Jl. Mawar dan seberang Jl. Dahlia atau sekitar 50 meter selatan simpang empat Jl. Mawar.

Menurutnya, dua bukaan median jalan itu ditutup water barrier untuk mencegah pengendara berputar arah.

Keren! Begini Penampakan Desain Flyover Purwosari Solo

“Kalau simpang empat Lapangan Kota Barat [Jl. Mawar] memang sengaja tidak dibuat median jalan permanen tetapi cukup water barrier. Dengan begitu, dalam kondisi lalu lintas tertentu dan pertimbangan aksesibilitas, water barrier itu bisa kami buka. Bukaan jalan satunya [Jl. Dahlia], akan kami tutup,” ujarnya.

Ia menambahkan pengguna jalan dari arah utara yang hendak ke barat dapat melalui Jl. Kalitan dan tidak diperbolehkan berputar arah di kawasan itu. Saat ini di kawasan Jl. dr. Moewardi telah terpasang rambu-rambu larangan putar balik.

Kepala Bidang Perparkiran Dishub Kota Solo, Henry Satya Nagara, mengatakan tidak ada perubahan penataan parkir di Jl. dr. Moewardi selama pembangunan flyover Purwosari.

3 Motor Bertabrakan di Jalan Matesih-Tawangmangu Karanganyar, 1 Orang Meninggal

Ia menjelaskan penataan parkir tetap berjalan sesuai aturan yakni sisi timur Jl. dr. Moewardi dilarang untuk parkir sedangkan sisi barat diperbolehkan namun dengan sistem paralel.

Menurutnya, lokasi parkir sisi timur kini dipusatkan di zona parkir Lapangan Kota Barat, apabila kendaraan dari arah selatan hendak parkir di kawasan Kota Barat dapat berputar arah melewati terowongan bawah flyover Manahan.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten