SOLOPOS.COM - Ilustrasi inflasi (Dok/JIBI)

Kanalsemarang.com, SEMARANG – Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) mewaspadai dampak terjadinya El Nino terhadap inflasi di Jawa Tengah, ujar Ketua TPID Jateng Sri Puryono.

“Kami tetap mewaspadai dampak El Nino terhadap resiko inflasi sehingga harapannya dapat dikendalikan melalui persiapan yang lebih matang,” ujarnya seperti dikutip Antara, Kamis (28/8/2014).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Menurutnya potensi El Nino tersebut akan berdampak pada produksi pangan, sehingga pasokan pangan perlu dipastikan agar tidak kekurangan dan mengakibatkan kenaikan harga.

Puryono mengatakan, beberapa faktor lain yang juga berdampak pada inflasi yaitu kenaikan tarif listrik dan rencana penyesuaian tarif angkutan udara.

Berdasarkan perkembangan tersebut dan faktor risiko inflasi ke depan, pihaknya memastikan TPID Provinsi Jawa Tengah akan meningkatkan koordinasi dengan instansi terkait guna meminimalkan dampak terhadap inflasi.

“Selain itu koordinasi juga akan diintensifkan dengan TPID Kabupaten dan Kota dalam rangka memperkuat kerja sama antar daerah untuk lebih mengoptimalkan kondisi surplus defisit bahan pangan yang ada,” ujarnya.

Sementara itu, kebijakan pembatasan BBM bersubsidi yang sempat dilakukan oleh Pemerintah belum memberikan dampak pada inflasi daerah.

Menurutnya pembatasan alokasi BBM bersubsidi yang hanya dilaksanakan pada 35 dari 730 SPBU di dua wilayah tersebut diharapkan tidak berpengaruh banyak terhadap inflasi.

“SPBU yang menjalani program pembatasan tersebut tidak berada di daerah distribusi utama sehingga diharapkan tidak memberikan dampak signifikan terhadap harga komoditas pangan,” jelasnya.

Sejauh ini hasil pemantauan harga komoditas pangan pokok di beberapa pasar menunjukkan kondisi yang stabil dan tidak terjadi kenaikan harga yang signifikan pada Agustus 2014.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya