SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Dampak el nino bisa memicu kebakaran karena suhu kering berkepanjangan

Harianjogja.com, BANTUL- Kasus kebakaran masih menjadi ancaman sepanjang tahun ini menyusul fenomena alam el nino yang menyebabkan suhu kering berkepanjangan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kejadian terbaru, mebel pembuat peti jenazah mengalami kebakaran dengan kerugian mencapai ratusan juta rupiah.

Kebakaran sebuah mebel pembuat peti mati terjadi Selasa (19/1/2016) dini hari di Dusun Karangjati, Bangunjiwo, Kasihan Bantul sekitar pukul 01.00 WIB.

Kepala Pemadam Kebakaran Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bantul, Yohanes mengungkapkan, kebakaran hebat menghanguskan 30 buah peti jenazah, mesin pemotong kayu, alat pertukangan, kayu dengan berbagai jenis serta bangunan tempat produksi milik korban bernama Budi R.

Yohanes menceritakan, sekitar pukul 01.00 dini hari pemilik mebel yang tinggal di rumah tidak jauh dari lokasi kejadian mendengar suara benda terbakar. Setelah keluar dari rumahnya yang berjarak sekitar tujuh meter dari mebel, ia menyaksikan api sudah melahap sebagian bangunan.

Tiga unit mobil pemadam kebakaran dikerahkan ke lokasi untuk memadamkan api. “Sekitar pukul tiga dini hari api baru bisa dipadamkan,” terangnya lagi.

Beruntung tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Namun pemilik usaha mebel mengalami kerugian ditaksir mencapai Rp100 juta.

Menurut Yohanes, kebakaran masih mengancam wilayah Bantul tahun ini. Kondisi cuaca saat ini berpotensi memicu kasus kebakaran. Fenomena alam El Nino tahun ini menyebabkan minimnya curah hujan. “Sehingga kondisi lingkungan kering, hal seperti ini juga mudah memicu kebakaran,” paparnya lagi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya