SOLOPOS.COM - Truk tertimpa tiang listrik yang roboh akibat pohon tumbang di Jl. Mangun Sarkoro, Sumber, Banjarsari, Solo, Jumat (6/3/2020). (Solopos/Ichsan Kholif Rahman)

Solopos.com, SOLO -- Dampak angin kencang Solo yang mengakibatkan pohon tumbang menyeret tiang listrik di Jl. Ki Mangun Sarkoro, Sumber, Banjarsari, Jumat (6/3/2020), membuat sejumlah wilayah mengalami pemadaman.

Petugas Gangguan PLN Manahan Solo, Rahmadi Mayore, menjelaskan ada lima tiang listrik yang terkena dampak pohon tumbang akibat angin kencang. Empat tiang listrik di antaranya sudah tidak bisa digunakan lagi dan harus diganti.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sedangkan satu tiang listrik masih bisa digunakan. Menurutnya, akibat tiang listrik yang patah dan roboh itu, beberapa perkampungan di kawasan Jl. Ki Mangun Sarkoro padam.

Namun, ia memastikan pemadaman tidak terlalu lama karena petugas PLN Solo langsung berupaya mengganti tiang listrik yang patah sebagai dampak angin kencang itu.

Eksekusi Sriwedari Solo Di Depan Mata, Pemkot Diminta Jangan Hanya Beropini

“Hari ini juga kami evakuasi tiang, kira-kira estimasi waktunya lima jam. Saat evakuasi ada beberapa trafo yang kami padamkan, sementara kami amankan dulu baru penggantian tiang dan optimalisasi jaringan,” ujarnya, Jumat.

Seperti diberitakan, hujan deras disertai angin kencang mengakibatkan sebuah pohon angsana berdiameter sekitar 80 sentimeter (cm) tumbang di Jl. Ki Mangun Sarkoro, Sumber, Banjarsari, Solo, tumbang sekitar pukul 15.15 WIB.

Pohon tumbang menimpa jaringan kabel PLN yang mengakibatkan dua tiang listrik tumbang menimpa pengendara sepeda motor dan dam truk yang terparkir di pinggir jalan.

Pencurian Motor Sragen Terungkap Oleh Pembeli, Pasutri Dibekuk

Jajaran Satlantas Polresta Solo menutup kedua jalur yang mengarah ke simpang Komplang. Selama proses evakuasi arus lalu lintas dialihkan sekitar dua jam. Setelah pohon dan tiang listrik cor itu dievakuasi, arus lalu lintas dari arah simpang Komplang ke simpang Dahlan dibuka.

Pengendara Motor Tertimpa Tiang Listrik di Solo Luka Ringan

Kasi Kesiapsiagaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Solo, Sumarno, saat ditemui Solopos.com di lokasi kejadian mengatakan pengendara sepeda motor atas nama Paino, warga Gondangrejo, Karanganyar, mengalami luka ringan di bagian wajah.

Tawuran di Babarsari Sleman, Driver Ojol Luka Dibacok dan Ditembak?

Saat ini Paino dirawat di RS Brayat Minulya. “Pohon tumbang sangat rimbun seperti pada pohon-pohon lainnya di kawasan ini. Saat pohon tumbang seketika menarik kabel, satu tiang menimpa sepeda motor satu menimpa truk,” ujarnya.

Sumarno mengaku sudah mengusulkan ke Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) untuk memangkas pohon di kawasan itu.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Solo, Gatot Sutanto, mengatakan Solo wilayah utara tengah diguyur hujan deras pada Jumat (6/3/2020) sore. Tak hanya di kawasan Jl. Ki Mangun Sarkoro, satu tiang listrik di wilayah Mojosongo, Solo, juga tumbang sebagai dampak angin kencang tersebut.

Berjenggot dan Berkumis? Ini Foto Lucinta Luna di Tahanan

“Pohon di kawasan Jl. Mangun Sarkoro lebat semuanya, mungkin pohon yang tumbang pohon paling tidak kuat. Sebenarnya, tidak rapuh pohonnya, tapi mungkin tidak kuat menahan angin kencang,” ujar Gatot.

Ia menambahkan pepohonan di kawasan Jl. Mangun Sarkoro telah dipantau bersama BPBD Solo dan sudah dijadwalkan pemangkasannya. Kawasan pepohonan di sekitar Graha Saba Buana juga telah dipangkas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya