Dampak Absennya Asnawi bagi Timnas, Begini Komentar Shin Tae-yong

Dengan kekalahan itu, Indonesia hanya mengulang pencapaian di SEA Games 2015 dan 2017 ketika skuad Garuda Muda juga gagal ke fase puncak.

 Asnawi Mangkualam Bahar (tengah) berebut bola dengan pesepak bola Timnas Filipina, Yrick Gallantes (kiri), saat bertanding dalam laga sepak bola SEA Games 2021 di Stadion Viet Tri, Phu Tho, Vietnam, Jumat (13/5/2022). Indonesa menang atas Filipina dengan skor 4-0. (Antara/Zabur Karuru)

SOLOPOS.COM - Asnawi Mangkualam Bahar (tengah) berebut bola dengan pesepak bola Timnas Filipina, Yrick Gallantes (kiri), saat bertanding dalam laga sepak bola SEA Games 2021 di Stadion Viet Tri, Phu Tho, Vietnam, Jumat (13/5/2022). Indonesa menang atas Filipina dengan skor 4-0. (Antara/Zabur Karuru)

Solopos.com, NAM DINH – Pelatih Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-23, Shin Tae-yong, mengakui dampak absennya Asnawi Mangkualam terhadap kekalahan anak asuhnya dari Thailand pada semifinal SEA Games 2021, Kamis (19/5/2022).

“Semua merasakan Asnawi sangat penting [apabila] melihat pertandingan hari ini,” kata Shin, saat konferensi pers seusai laga kontra Thailand di Stadion Thien Truong, Nam Dinh, Vietnam, Kamis.

PromosiHari Keluarga Nasional: Kudu Tepat, Ortu Jangan Pelit Gadget ke Anak!

Asnawi terpaksa absen pada laga semifinal melawan Thailand karena akumulasi kartu kuning. Namun, yang pasti Shin akan melakukan evaluasi permainan Skuad Garuda Muda pada laga semifinal tersebut.

Diakuinya, Thailand memang lawan yang kuat, tetapi sebenarnya Indonesia bisa menang jika tim asuhannya bisa mengeluarkan kemampuan terbaiknya.

“Jika bisa mengeluarkan seluruh kemampuan terbaik kami, kami bisa menang. Itu yang harus dievaluasi,” kata pelatih asal Korea Selatan itu.

Baca Juga: Duel Klasik, Indonesia Vs Malaysia dalam Perebutan Perunggu Sepak Bola

Timnas U-23 gagal melangkah ke final cabang olahraga sepak bola putra SEA Games 2021 setelah dikalahkan Thailand dengan skor 0-1.

Satu-satunya gol pada pertandingan tersebut dilesakkan oleh pemain senior Thailand Weerathep Pomphan pada babak tambahan pertama.

Dengan kekalahan itu, Indonesia hanya mengulang pencapaian di SEA Games 2015 dan 2017 ketika skuad Garuda Muda juga gagal ke fase puncak.

Baca Juga: Antrean Suporter Beli Tiket Laga Uji Coba Persis Solo Lawan Persebaya

Skuad asuhan pelatih Shin Tae-yong juga tak bisa memenuhi target PSSI untuk merebut medali emas SEA Games 2021.

Namun, harapan untuk mendapatkan medali dari sepak bola putra masih ada dengan memperebutkan medali perunggu pada Minggu (22/5/2022) mendatang.

Indonesia akan melawan Malaysia yang juga kalah dalam partai semifinal lain melawan Vietnam selaku tuan rumah dengan skor 0-1, Kamis.

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Jadi Paru-Paru Dunia, Mangrove Juga Jamin Food Security Warga Pesisir

+ PLUS Jadi Paru-Paru Dunia, Mangrove Juga Jamin Food Security Warga Pesisir

Upaya perlindungan mangrove sebagai ekosistem blue carbon tidak hanya mampu mengurangi emisi dan peningkatan simpanan carbon benefit tetapi juga memberi manfaat bagi kesejahteraan masyarakat.

Berita Terkini

Prediksi PSIS Semarang Vs Bhayangkara FC: Bakal Adu Penalti Lagi?

Prediksi PSIS Semarang dengan Bhayangkara FC pada perempat final Piala Presiden 2022 dibayang-bayangi laga berakhir dengan adu penalti.

Jadwal Lengkap Final Malaysia Open 2022 Hari Ini, Indonesia Dua Wakil

Jadwal final Malaysia Open 2022 akan diisi oleh duel wakil Indonesia, China, Thailand, Jepang, dan Denmark.

Jadwal Lengkap Timnas Putri Indonesia di Piala AFF 2022

Timnas Putri Indonesia langsung bertemu Thailand pada laga perdana Piala AFF 2022 di Filipina, 4 Juli 2022.

Piala AFF U-19: Ini Klasemen Grup A Setelah Indonesia Vs Vietnam 0-0

Indonesia dan Vietnam sama-sama mengemas poin satu. Laga selanjutnya Indonesia akan menghadapi Brunei.

Piala AFF U-19 2022: Thailand Menang Tipis, Myanmar Pesta Gol

Thailand mengalahkan Filipina sedangkan Myanmar menumbangkan Brunei.

2 Wakil Indonesia di Final Malaysia Open 2022, Ini Perjalanan Mereka

Perjalanan dua wakil Indonesia hingga sampai ke babak final Malaysia Open 2022 dilalui dengan tidak mudah.

Kembali Hajar Ganda Malaysia, Fajar/Rian ke Final Malaysia Open 2022

Fajar/Rian akan berhadapan dengan pemenang semifinal antara ganda China vs ganda Jepang.

Persis Solo Women Menang Telak Atas Kesebelasan Porda Sleman

Kemenangan telak Persis Solo Women atas kesebelasan Porda Sleman membuktikan pemain sudah dapat menjalankan instruksi dengan baik meski baru berlatih bersama dalam satu bulan terakhir.

PSIS Paling Produktif di Piala Presiden, Ini Strategi Bhayangkara FC

Bhayangkara FC siap meredam agresivitas permainan PSIS Semarang dalam laga perempat final Piala Presiden 2022.

Piala Presiden 2022: PSIS Semarang Siapkan Skenario Adu Penalti

PSIS Semarang mengaku telah menyiapkan skenario adu penalti saat melawan Bhayangkara FC pada perempat final Piala Presiden di Stadion Jatidiri, Minggu (3/7/2022).

Gulung Porda Sleman 6-0, Persis Women Tak Lagi Main Asal-Asalan

Persis Women Solo berhasil meraih hasil positif dalam laga uji coba perdana mereka. Persis Women mencukur tim Porda Sleman enam gol tanpa balas.

Hadapi Ganda China di Final Malaysia Open, Apri/Fadia Siap Lakukan Ini

Apri/Fadia unggul 1-0 head to head dengan Zhang Shu Xian/Zheng Yu, dalam pertemuan perdana yang tercipta di babak 16 besar Indonesia Open 2022 dengan rubber game 21-16, 16-21, 21-18.

Malaysia Open 2022, Apri/Fadia Kian Dekati Gelar Perdana BWF World Tour

Kejutan Apri/Fadia di Malaysia Open 2022 belum berhenti setelah berhasil lolos ke babak final.

Piala AFF U-19 2022, Peluang Pemain Persis Solo Tampil Malam Ini

Sebanyak empat pemain muda Persis Solo masuk dalam skuad Timnas Indonesia U-19 asuhan pelatih Shin Tae-yong di Piala AFF U-19 2022.

Harapan Pelatih Persib Tentang Adu Penalti Vs PSS Sleman Gagal Terwujud

Sebelum pertandingan, pelatih Persib Bandung, Robert Alberts, menyatakan tetap menaruh respek kepada PSS Sleman atas perjuangan mereka lepas dari Grup A.