SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

ilustrasi. (dok Solopos)

KLATEN–Lantaran ketinggian tumpukan material lahar dingin yang sudah sejajar dengan Dam IV Kendalsari, Kecamatan Kemalang, Klaten muncul wacana untuk dilakukan pengerukan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kapolsek Kemalang, Iptu Sarwono saat ditemui wartawan di Mapolsek Klaten, Selasa (20/12/2011) menuturkan wacana tersebut muncul saat pertemuan terkait Kamtibmas menyambut Natal dan Tahun Baru 2012 di Mapolsek Kemalang, Minggu (18/12/2011) malam yang dihadiri 13 kepala desa (Kades) se-Kecamatan Kemalang.

Pengerukan dilakukan dengan membersihkan material lahar dingin yang menutupi gorong-gorong yang berada di badan dam. Sebanyak lima gorong-gorong saat ini dipenuhi material lahar dingin berupa pasir dan batu.

Kapolsek menjelaskan  kondisi berbahaya di dam yang menghubungkan Desa Talun dan Desa Kendalsari tersebut terjadi terutama saat banjir terjadi di alur Kali Woro.

Selama ini luapan air dipastikan melewati permukaan dam saat Kali Woro diterjang banjir. Alhasil, kondisi tersebut membahayakan warga yang melintas.

“Jika dilakukan pengerukan pada gorong-gotong, nantinya saat banjir datang maka air yang menerjang akan mengalir melewati bagian bawah (gorong-gorong-red). Sehingga tidak meluap di permukaan jalan,” paparnya.

Ia menambahkan dalam pertemuan tersebut belum dibahas soal teknis pengerukan. Sementara saat dikonfirmasi, Kades Kendalsari, Fahri, menuturkan pengerukan gorong-gorong memang perlu dilakukan. Hal tersebut demi keamanan warga.

(m103)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya