SOLOPOS.COM - Dalem Sasono Mulyo di Keraton Solo yang merupakan bangunan peninggalan Wong Kalang. (Surakarta.go.id)

Solopos.com, SOLO — Warga Suku Kalang alias Wong Kalang ternyata ikut berjasa dalam pembangunan Keraton Solo. Warga suku ini dikenal sebagai ahli perkayuan dan seni ukir.

Salah satu bangunan peninggalan Wong Kalang di Keraton Solo adalah Lojen Sasono Mulyo. Hal itu disampaikan ketua komunitas pencinta sejarah Solo Societeit, Dani Saptoni, saat diwawancarai Solopos.com, belum lama ini.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Dikutip dari laman remi Dinas Kebudayaan Kota Solo, Kamis (17/2/2022), Dalem Sasono Mulyo yang berada di kompleks Kwraton Kasunanan Surakarta dibangun pada tahun 1811 saat masa Pemerintahan ISKS Paku Buwono IV (1788-1820).

Baca juga: Jejak Wong Kalang di Solo Ada di Kampung Kalangan Jebres

Dulu bangunan ini bernama Dalem Ngabean karena dalem tersebut dibangun untuk tempat tinggal putera Paku Buwono IV yakni Pangeran Hangabei (Paku Buwono VIII 1858-1861).

Bangunan ini terdiri dari bangunan pendapa, pringgitan, dalem ageng, senthong kiwa, senthong tengan, pawon , sumur dan gandhok. Penghuni yang terakhir adalah Pangeran Hangabei putera dari ISKS Paku Buwono X yang dinobatkan menjadi Paku Buwono XI (1939-1945).

Pada 1 Desember 1965 – 30 Mei 1967 Dalem Sasono Mulyo pernah menjadi kamp penampungan tahanan politik. Pada 1971 bangunan ini kembali ke fungsi awal sebagai tempat pendukung kegiatan keraton dalam kegiatan kebudayaan.

Baca juga: Asale Kotagede Jogja: Tempat Wong Kalang Hidup Mewah

Bangunan bergaya indi di Kota Solo yang dibangun Wong Kalang ini juga pernah digunakan sebagai pusat pendidikan Akademi Seni Karawitan Indonesia dan Taman Budaya Surakarta pada 1975 hingga 1980.

Pada 1980 hingga 2000, bangunan ini dipakai untuk penyelenggaraan kebudayaan (upacara pernikahan, pagelaran wayang kulit, sarasehan budaya dan upacara kematian). Kini Sasono Mulyo kabarnya sering disewakan sebagai tempat menyelenggarakan hajatan, seperti acara perkawinan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya