SOLOPOS.COM - Satrio Wahyu Priambodo, 18, dan Olivia Firdaus, 20, berhasil meraih gelar Putra Putri Solo (PPS) 2021 yang diadakan secara hybrid di Open Stage Taman Balekambang, Sabtu (13/11/2021) malam. (Tangkapan Layar Youtube)

Solopos.com, SOLO — Satrio Wahyu Priambodo, 18, dan Olivia Firdaus, 20, berhasil meraih gelar Putra Putri Solo (PPS) 2021 yang diadakan secara hybrid di Open Stage Taman Balekambang, Sabtu (13/11/2021) malam.

Pemberian piala penghargaan diberikan langsung oleh Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka dan istri, Selvi Ananda Putri.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Satrio Wahyu Priambodo, 18, merupakan alumnus Sekolah Menengah Atas Negeri (SMA N) 1 Solo perwakilan Kecamatan Pasar Kliwon. Dalam video profile yang disiarkan oleh panitia, ia mengatakan motivasinya mengikuti acara tersebut adalah ingin berkontribusi nyata pada promosi wisata dan pemulihan ekonomi di masa pandemi.

“Urip iku urup, ini yang jadi alasan saya mengikuti pemilihan Putra dan Putri Solo 2021. Saya ingin berkontribusi nyata pada promosi wisata Solo,” kata dia dalam video profilenya.

Ekspedisi Mudik 2024

Baca Juga: UMK Tahun 2022, Begini Pesan Gubernur Ganjar & Rudy

Sementara, Olivia, 20, merupakan perwakilan dari Jebres. Saat ini ia masih kuliah Semester V Jurusan Ilmu Lingkungan di Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo. Sama halnya dengan Satrio, ia juga ingin berkontribusi nyata pada Kota Solo. Ia ingin menjadi bagian dari pendorong tumbuhnya semangat anak muda mencintai budaya.

“Landasan rasa cinta pada pariwisata dan budaya Solo membuat saya mengikuti kompetisi ini. Sekaligus ingin berkontribusi nyata menumbuhkan semangat mencintai budaya,” kata dia dalam kutipan video profil.

Pemilihan keduanya telah melalui proses penjurian yang cukup panjang. Diawali pendaftaran pada awal November 2021, dilanjutkan sejumlah seleksi dan karantina. Keduanya berhasil mengungguli 148 peserta dari pendaftaran awal.

Baca Juga: Digelar Tertutup, Haul Habib Ali Disiarkan di Kanal Youtube Ini

Kecintaan pada Budaya

Sementara, pada malam grand final dipilih 20 pasang Putra dan Putri Solo 2021. Namun hanya 19 orang yang turut berkompetisi karena satu orang mengundurkan diri dengan alasan sakit.

Acara di ruang terbuka itu berjalan lancar meskipun hujan mengguyur Solo. Walikota dan sang istri, serta Wakil Walikota beserta isteri turut menunggui acara hingga selesai.

Sementara, dewan juri pada malam tersebut ada lima orang yakni R.Ay Febri Hapsari Dipokusumo sebagai ketua penyelenggara, Pengurus Badan Promosi Pariwisata Daerah Kota Solo, Retno Wulandari, Pengamat Budaya Tunjung W Sutirto, serta dua perwakilan pemuda Solo yakni Bambang Nugroho dan Elizabeth Sudira.

Baca Juga: JL DI Pandjaitan Solo akan Ditutup 6 Bulan Mulai Pekan Depan

“Dukungan para komunitas muda ini sebagai bukti kecintaan anak muda pada budaya Solo. Kami berterimakasih bapak Walikota dan ibu Selvi Ananda yang merupakan Putri Solo 2009 mendampingi peserta sejak saat pembekalan,” kata Febri menekankan banyaknya dukungan dari kaum muda dalam acara tersebut.

Mengusung tema Salam Hanggayuh Kuncaraning Nagari, acara disiarkan melalui kanal YouTube Pariwisata Solo dan GibranTV. Febri mengatakan temanya memiliki kedalaman makna. Ia menjelaskan artinya yakni menggapai kemahsyuran negeri dengan doa dan harapan agar pandemi segera berakhir sehingga bangsa kembali menuju zaman keemasan.

Sebelumnya, acara dimeriahkan pentas Salam Hanggayuh Kuncaraning Nagari yang dibawakan para finalis di tengah hujan. Disusul penampilan bintang tami yakni penyanyi jebolan Indonesian Idol musim sembilan, Bianca Jodie Maurinne, atau dikenal Brisia Jodie Maurinne.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya