SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Semarangpos.com, SEMARANG — Pengamat ekonomi Universitas Diponegoro (Undip) Semarang F.X.Sugiyanto mengungkapkan pajak daerah yang berkontribusi terhadap pendapatan asli daerah (PAD) Jawa Tengah dalam kurun waktu lima tahun terakhir hanya meningkat 2,61%.

“Kontribusi pajak daerah dalam kurun waktu 2013 hingga 2017 hanya mengalami kenaikan dari 81,78% menjadi 84,39%,” ungkap guru besar Fakultas Ekonomi dan Bisnis Undip Semarang itu di Kota Semarang, Jateng, Sabtu (15/12/2018).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Ia menyebut komponen pajak daerah antara lain terdiri atas pajak kendaraan bermotor, pajak bea balik nama, serta pajak bahan bakar kendaraan bermotor. Laju pertumbuhan PAD yang melambat, lanjut dia, berdampak pula terhadap gejala penurunan ruang fiskal daerah.

“Sampai saat ini, pajao daerah merupakan sumber utama PAD,” katanya.

Selain PAD, kata dia, sisa lebih penggunaan anggaran (Silpa) juga menjadi salah satu penyebab menurunnya ruang fiskal daerah. “Gejala penurunan ruang fiskal daerah provinsi Jawa Tengah dan kabupaten/ kota nampak jelas dari melambatnya pertumbuhan PAD dan besarnya silpa,” katanya.

Nilai Silpa yang cukup besar mengindikasikan terjadinya budgetary slack atau fenomena penganggaran yang lebih besar dari yang semestinya dibutuhkan. “Apapun penyebab Silpa tetaplah, hal itu tetapkan merupakan kondisi yabg mencerminkan ketidakoptimalan penggunaan anggaran yang sesungguhnya menunjukkan adanya ruang untuk meningkatkan produktivitqw anggaran,” katanya.

Sugiyanto juga menyoroti berbagai kasus korupsi yang melibatkan aparat pemerintahan di Jawa Tengah. Menurut dia, berbagai kasus korupsi yang melibatkan aparat pemerintahan itu menjadi refleksi penting pemerintah provinsi dan kabupaten/kota, khususnya berkaitan dengan tata kelola pemerintahan dan kelembagaan untuk meningkatkan daya saing dan efisiensi perekonomian.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya