SOLOPOS.COM - Dalai Lama (Dalai Lama.com)

Krisis Rohingnya membuat Dalai lama angkat bicara.

Solopos.com, JAKARTA — Krisis kemanusiaan yang menimpa warga Rohingya di Myanmar membuat pemimpin spiritual Tibet, Dalai Lama, ikut angkat bicara. Dalai Lama menyatakan Sang Buddha pasti menolong muslim yang saat ini mengungsi menghindari konflik di Myanmar yang mayoritas penduduknya pemeluk Buddha.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Pemimpin tertinggi umat Buddha itu adalah peraih Nobel Perdamaian terakhir yang mengecam kekerasan yang disebut organisasi HAM PBB telah merenggut 1.000 orang yang kebanyakan Rohingya.

Ekspedisi Mudik 2024

“Mereka yang menganiaya muslim semestinya mengingat Buddha. Buddha pasti menolong warga muslim miskin itu [Rohingya],” kata Dalai Lama kepada wartawan seperti dikutip AFP, Senin (11/9/2017).

Diberitakan, ratusan ribu warga Rohingya tiba di Bangladesh beberapa pekan terakhir setelah kekerasan merebak di Myanmar di mana minoritas muslim yang tak diakui sebagai warga negara itu berpuluh-puluh tahun lamanya dianiaya.

Penduduk Myanmar didominasi warga Buddha dan ada kebencian yang meluas terhadap Rohingya yang tidak diakui kewarganegaraannya dan dilaveli imigran gelap dari Bengali.

Pemimpin Myanmar Aung San Suu Kyi dikritik dari tokoh-tokoh terkemuka dunia karena menolak melakukan intervensi guna membantu Rohingya, termasuk oleh dua peraih Nobel yakni Malala Yousafzai dan Desmond Tutu.

Uskup Agung Desmond Tutu yang menjadi suara moral Afrika Selatan setelah menumbangkan rezim apartheid, pekan lalu mendesak Suu Kyi untuk berbicara.

“Seandainya harga politik Anda untuk naik ke kekuasaan di Myanmar adalah sikap bungkam Anda, maka harga itu sudah pasti terlalu tinggi,” kata Tutu seperti dikutip Reuters.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya