Tutup Iklan

DAK Pendidikan di Klaten Capai Rp56 M

 
Seorang pekerja melintas di depan gedung baru di SMPN 2 Polanharjo, Klaten, Jumat (28/9/2012). Atap gedung itu diketahui melengkung dan sebagian dindingnya retak. (Iskandar/JIBI/SOLOPOS)

SOLOPOS.COM - Seorang pekerja melintas di depan gedung baru di SMPN 2 Polanharjo, Klaten, Jumat (28/9/2012). Atap gedung itu diketahui melengkung dan sebagian dindingnya retak. (Iskandar/JIBI/SOLOPOS)


Seorang pekerja melintas di depan gedung baru di SMPN 2 Polanharjo, Klaten, Jumat (28/9/2012). Atap gedung itu diketahui melengkung dan sebagian dindingnya retak. (Iskandar/JIBI/SOLOPOS)

KLATEN--Dana Alokasi Khusus (DAK) dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) untuk SD dan SMP di Klaten mencapai Rp56 miliar.

Kepala Bidang Pendidikan Dasar (Dikdas), Dinas Pendidikan (Disdik) Klaten, Sudirno, saat ditemui Solopos.com di kantornya, Rabu (3/10/201), mengatakan dari Rp56 miliar itu, Rp18 miliar di antara berasal dari sisa lebih penghitungan anggaran (Silpa) DAK 2011. Sementara DAK SD dan SMP 2012 mencapai Rp38 miliar.

“Saat ini kami masih berkoordinasi dengan DPPKAD [Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset] untuk mencairkannya,” ujar Sudirno.

Sudirno menjelaskan, pengerjaan proyek DAK membutuhkan waktu selama 60 hari kerja. Sudirno mengakui sosialisasi kepada sekolah penerima DAK baru digelar pertengahan September lalu. Namun, dia optimistis seluruh proyek pembangunan fisik maupun nonfisik yang dibiayai DAK bisa selesai pada akhir tahun 2012.

“Permendikbud No 61/2012 tentang revisi petunjuk dan teknis pelaksanaan program DAK juga baru ditandatangani pada tanggal 14 September. Hal itu mempengaruhi pelaksanaan program DAK di tataran bawah,” kata Sudirno.

Sudirno meminta pengerjaan proyek DAK yang dilakukan secara swakelola bisa lebih hati-hati. Dia tidak menginginkan kerusakan bangunan baru di SMPN 2 Polanharjo terjadi di sekolah lain.  Sebagaimana diketahui, atap ruangan di gedung SMPN 2 Polanharjo yang dibangun menggunakan Dana Percepatan Pembangunan Infrastruktur Pendidikan (DPPIP) pemerintah pusat itu melengkung. CV Sani Bisono selaku rekanan [sebelumnya diberitakan CV Punokawan sebagai rekanan] berjanji akan memperbaiki kerusakan tersebut secepatnya.

“Pilihlah kayu yang sudah kering untuk membuat usuk. Kalau usuk masih basah tentu akan melengkung di kemudian hari,” kata Sudirno.

Berita Terkait

Berita Terkini

Netflix Indonesia Tayangkan di Balik Layar Squid Game, Seperti Apa?

Di balik layar  Squid Game itu mengungkap bahwa setiap set dibangun secara detail  untuk mewakili semua permainan di serial itu.

Sindir Atta Halilintar, Gibran: Tetap Putus Asa, Jangan Semangat!

Putra sulung Presiden Jokowi tersebut juga mengajak pengusaha lain untuk ikut andil mengembangkan olah raga nasional. Secara khusus Gibran memberikan pesan kepada Atta sebagai bos AHHA PS Pati.

Sirkuit Mandalika dan Keindahan Lombok Yang Dipuji Pembalap Dunia

Menjadi tuan rumah perhelatan besar balap motor kelas dunia

Layanan Telkom Group Disebut Kembali Normal 100%

Seluruh layanan Telkom Group baik fixed broadband termasuk Indihome maupun mobile broadband milik Telkomsel saat ini sudah kembali normal.

Usai Periksa Luhut, Polda Metro Akan Panggil Haris Azhar-Fatia

Polda Metro Jaya akan memanggil Haris Azhar-Fatia Maulidiyanti dalam waktu dekat terkait dugaan pencemaran nama baik melibatkan Menko Bidang Marinvest, Luhut Binsar Pandjaitan.

Jagone Inyong Kie! Es Lontrong Slawi Seger Legender

Kuliner Tegal kali ini membahas tentang Es Lontrong Slawi yang legendaris dan hanya bisa ditemukan di Tegal.

Bandara Dibuka, Afghanistan Siap Bekerja Sama dengan Semua Maskapai

Taliban pada Minggu (26/9/2021) mengumumkan bahwa semua masalah teknis di bandara Kabul sudah teratasi dan penerbangan internasional siap kembali beroperasi.

ODGJ Klaten Akhiri Hidup dengan Gantung Diri di Sumur

Kasus bunuh diri di Klaten itu kali pertama diketahui Suwarni. Mendengar suara air mengalir dari arah sumur milik ST. Begitu dicek, Suwarni melihat ST sudah meninggal dunia dengan gantung diri di sumur tersebut.

Tol Kayangan Ini Viral di Medsos Lur, Cek Lokasinya

Tol Kayangan merupakan penghubung Dusun Surodadi dan Dusun Candran, Desa Wonolelo, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah yang sedang viral di medsos.

Pensiunan Polisi di Semarang Ngemis Jadi Manusia Silver, Ini Alasannya

Aksi manusia silver sering kali meresahkan pengguna jalan sehingga menjadi target razia Satpol PP.

Sidak Proyek Kantor BPBD, Wabup Klaten Peringatkan Kontraktor!

Nilai kontrak pembangunan Kantor BPBD yang disidak Wakil Bupati Klaten senilai Rp7,59 miliar dari APBD Klaten. Rentang waktu pengerjaan selama 180 hari dimulai sejak Juni 2021.

Bencana Tanah Longsor di Temanggung, Satu Rumah Ambruk

kerugian diperkirakan mencapai puluhan juta rupiah

Menko Marinvest Luhut soal Data Tambang: Kita Buka di Pengadilan!

Menko Marinvest, Luhut Binsar Pandjaitan, tidak ambil pusing soal tantangan membuka data bisnis tambang di Papua yang disebut-sebut miliknya.

Merpati Jaguar di Pekalongan Laku Rp1,5 Miliar, Ini Istimewanya

Kisah unik kali ini tentang seekor merpati Jaguar yang laku terjual seharga Rp1,5 miliar.

Mau Petik Jambu, Pekerja Proyek Malah Temukan Granat Nanas di Solo

Saat hendak memetik jambu di tepi rel kereta api, Danu melihat benda mencurigakan yang ternyata sebuah granat yang diduga masih aktif.

Meresahkan, 3.000 Situs Pinjol Ilegal Diblokir dan Dipidanakan OJK

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyatakan telah memblokir serta mempidanakan 3.000 situs pinjaman daring atau online ilegal.