SOLOPOS.COM - Sharing teknologi Daihatsu All New Xenia. (Istimewa-Daihatsu)

Solopos.com, JAKARTA — PT Astra Daihatsu Motor (ADM) terus konsisten dalam mencerdaskan bangsa melalui program CSR (Corporate Social Responsibility) Pintar Bersama Daihatsu. Pilar ini diwujudkan melalui acara sharing teknologi otomotif.

Kali ini sharing teknologi otomotif untuk para guru Sekolah Menengah Kejuruan atau SMK dilakukan secara virtual bersama guru SMK binaan se-Jawa Timur, pada 24 Februari 2022. Materi kali ini dari Daihatsu adalah seputar teknologi yang ada di All New Xenia.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Yakni mekanisme kerja Automatic Transmission (AT), Continuous Variable Transmission(CVT) dan Dual Mode Continuous Variable Transmission (D-CVT) serta materi teknologi All New Xenia lainnya.

Baca juga: Daihatsu Adu Skill Teknisi Terbaik Demi Dongkrak Kepuasan Pelanggan

Ekspedisi Mudik 2024
Daihatsu All New Xenia
Daihatsu All New Xenia (Istimewa-Daihatsu)

Automatic Transmission (AT)

AT pada All New Xenia, cara kerjanya menggunakan torque converter yang mengubah tenaga mekanis dari mesin menjadi energi kinetis dan menyalurkannya kepada roda. Untuk perpindahan gigi tidak diperlukan kopling namun menggunakan pengaturan ratio roda gigi dengan mekanisme Gear Ratio yang diatur oleh Planetary Gear dan semua diatur oleh Electronic Control Transmission (ECT).

Continuous Variable Transmission (CVT)

Untuk CVT menggunakan mekanisme transmisi variable kontinu dengan sabuk baja dan variasi diameter pulley. Perpindahan gigi berdasarkan putaran mesin dan kecepatan kendaraan. Pada saat pergantian gigi terasa halus dan rasio gigi tidak terbatas.

Dual Mode Continuous Variable Transmission (D-CVT)

Ini merupakan teknologi pertama kali di dunia yang diciptakan Daihatsu untuk menghasilkan kinerja yang baik sehingga meningkatkan efisiensi transmisi, efisiensi bahan bakar, akselerasi dan lebih halus. Dengan mekanisme yang dilengkapi dengan Dual Mode yaitu Belt Mode dan Split Gear Mode.

Saat kecepatan rendah perpindahan rasio dikontrol oleh belt dan pulley sedangkan pada saat kecepatan tinggi perpindahan rasio dikontrol oleh mekanisme gear.

Daihatsu All New Xenia
Teknologi CVT (Istimewa-Daihatsu)

Baca juga: Hai Cewek, Ini Tips Aman Naik Motor Buat Kamu

Sebagaimana diketahui, mobil Daihatsu All New Xenia dilengkapi dengan beragam fitur dan teknologi terkini. Dengan ground clearance tinggi, serta sudut putar kecil, menambah kemudahan serta kenyamanan berkendara.

All New Xenia dilengkapi fitur keselamatan tertinggi di kelasnya, yakni ASA (Advanced Safety Assist), Transmisi Manual dan D-CVT, serta memiliki dua pilihan mesin berkapasitas 1.5 (2NR-VE) dan 1.3 (1NR-VE).

“Pelatihan ini merupakan komitmen Daihatsu sebagai Mitra Dudi dalam meningkatkan Link and Match program vokasi dan industri (ADM). Diharapkan para guru SMK meneruskan pengetahuan ini kepada siswa, sehingga mereka bisa mempersiapkan diri ketika terjun langsung ke dunia industri,” ujar Section Head of Service Training Department PT ADM, Aji Prima Barus Nurcahya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya