SOLOPOS.COM - Daihatsu Mira eS (Istimewa)

Daihatsu Mira eS (Istimewa)

Nagoya (Solopos.com) – Daihatsu Motor Co. belum akan memasukkan salah satu produk barunya, Mira e:S, ke pasar Indonesia dalam waktu dekat mengingat masyarakat diyakini baru bisa menerima city car secara luas pada 2014.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Amelia Tjandra, Direktur Pemasaran PT Astra Daihatsu Motor (ADM), menyatakan berdasarkan studi yang dilakukan pabrikan otomotif tersebut, masyarakat Indonesia akan menerima city car yang memiliki karakteristik ukuran mesin di bawah 1.000 cc dan penumpang kurang dari 5 orang baru pada 2014.

“Orang Indonesia masih lebih suka kendaraan yang mampu mengangkut orang banyak, 7 seater yang disukai,”ujarnya di sela-sela kunjungan jurnalis ke salah satu pusat pengembangan Daihatsu, di kota Shiga, Jepang, Selasa (29/11/2011) petang. Terkait dengan sikap masyarakat tersebut, lanjutnya, pihaknya belum memiliki rencana untuk memasukkan Mira eS dalam waktu dekat ke Indonesia. “Teknologinya saja yang bisa kita aplikasikan ke produk lain,” katanya.

Mira eS merupakan mobil ramah lingkungan (eco-car) generasi ketiga yang diluncurkan Daihatsu 20 September 2011 seharga 800.000 yen atau sekitar Rp80 juta. Mobil dengan kapasitas mesin 658 cc itu diklaim irit bahan bakar karena hanya mengkonsumsi bensin 1 liter untuk menempuh jarak 30 km.

Senada dengan Amelia, Masahiro Fukutsuka, Senior Executive Officer Research & Development Group, Daihatsu Motor Co., menambahkan yang bisa memastikan kapan Mira eS masuk pasar Indonesia adalah sikap masyarakat Indonesia sendiri.
“Kami tidak bisa pastikan kapan, yang jelas bila permintaan kendaraan jenis ini bagus, baru kami akan masuk,” jelasnya.

Beberapa waktu lalu, Yoshinobu Hara, Kepala Divisi Perencanaan Produksi Astra Daihatsu, mengatakan pada 2012 pasar mobil di Indonesia berpotensi naik sebanyak 20% dari prediksi pencapaian Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) 2011 sebanyak 850.000 unit. Per Oktober 2011, Daihatsu menguasai penjualan sebanyak 15,5% dari seluruh penjualan mobil di Indonesia. “Tahun depan target market share kami sebanyak 16,5%.”

ybw

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya