Daihatsu Beberkan Tips Aman Kendarai Mobil di Jalanan Naik-Turun

Melintasi jalan naik-turun yang harus diperhatikan adalah kenali kemampuan dalam berkendara dan juga kemampuan kendaraan yang digunakan.

 Tips aman berkendara dari Daihatsu. (Istimewa)

SOLOPOS.COM - Tips aman berkendara dari Daihatsu. (Istimewa)

Solopos.com, BANDUNG — Mengendarai mobil di jalanan berbukit dengan kontur naik-turun butuh keahlian dan kejelian pengendara. Daihatsu pun membagikan tips aman berkendara di jalanan yang naik-turun

Lewat Auto Clinic, Daihatsu mengundang 20 Sahabat Klub yang tergabung sebagai komunitas resmi binaan Daihatsu untuk bersilaturahmi, sekaligus berbagi tips berkendara aman yang bertempat di Daihatsu Astra Biz Center, Bandung, Jawa Barat, Minggu (25/9/2022).

PromosiAngkringan Omah Semar Solo: Spot Nongkrong Unik Punya Menu Wedang Jokowi

Pada sesi sharing kali ini, Daihatsu bekerja sama dengan GT Radial mengambil tema keselamatan berkendara, khususnya di jalan berbukit (hilly road), sesuai dengan area Bandung yang memiliki kontur dan medan jalanan naik-turun.

Acara ini dibuka oleh Kepala Cabang Astra Daihatsu Bandung, Iwan Panji Prabowo, serta dilanjutkan dengan sesi pelatihan in class serta praktik dalam berkendara seperti stop & go climbing ability challenge oleh Sony Susmana, Senior Instructure Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI).

Secara teknis, medan jalan yang menanjak-menurun memiliki potensi bahaya tersendiri yang dapat disebabkan oleh faktor internal, yakni seperti pengemudi (driver) tidak yakin, kurangnya kemampuan mengemudi, hingga kurang pahamnya kondisi medan jalan.

Baca Juga: Daihatsu Gelar Kontes Modifikasi Mobil Virtual, Berhadiah Total Rp74,2 Juta

Selain itu, faktor eksternal juga memengaruhi keselamatan berkendara, seperti kendaraan besar yang melaju di sekitar kita, kondisi permukaan jalan yang licin dan jalan rusak, hingga kondisi area pegunungan lebih sering hujan dan berkabut.

Dalam menghadapi kedua faktor tersebut, berikut tipsnya yang dapat diterapkan saat jalan menanjak-menurun, di antaranya dengan selalu mempertimbangkan ketinggian, panjang, dan tabletop/ujung tanjakan-turunan.

Kemudian kenali kemampuan dalam berkendara dan juga kemampuan kendaraan yang digunakan, selalu jaga jarak (jangan di belakang kendaraan besar saat menanjak dan jangan di depan kendaraan besar saat di turunan).

Seperti diketahui, beberapa model Daihatsu juga sudah dilengkapi fitur keselamatan tambahan khususnya yang berfungsi saat jalan menanjak yaitu fitur HSA (Hill Start Assist), ABS (Anti-Lock Brake System), EBD (Electronic Brake Distribution), serta Vehicle Stability Control (VSC).

Baca Juga: Mesin GranMax Baru dari Daihatsu Makin Kuat, Bikin Bisnis Makin Untung

Ben Faqih selaku Head People Development Department-Customer Satisfaction & Value Chain PT Astra Daihatsu Motor (ADM) mengatakan program ini merupakan salah satu komitmen Daihatsu kepada pelanggan setianya, khususnya Sahabat Klub.

“Edukasi merupakan salah satu visi kami bagi pelanggan setia atau komunitas Daihatsu. Misi kami adalah memberi pengetahuan tentang Safety Driving melalui Auto Clinic sebagai usaha kami dalam mewujudkan bagian dari pelopor keselamatan berlalu lintas. Semoga sharing ini dapat bermanfaat dan diterapkan kepada seluruh pengendara, baik oleh Sahabat Klub, maupun para pengemudi kendaraan agar beraktivitas jadi lebih aman, nyaman, dan menyenangkan bersama keluarga dan Sahabat,” ujarnya.

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Kerap Dianggap Sama, Ini Perbedaan Mobil Listrik dan Hybrid

      Berikut ini terdapat perbedaan mobil listrik dengan hybrid yang kerap dianggap sama.

      Ini Pilihan Mobil Hybrid Termurah di Indonesia

      Sebelum mengetahui mobil hybrid termurah di Indonesia ketahui terlebih dahulu perbedaan mild hybrid dan full hybrid.

      Seru! 6 Bikers Komunitas CBR Honda Jateng Melibas Trek Sirkuit Mandalika

      Para bikers Honda langsung memacu New CBR250RR untuk merasakan langsung performa tangguh dan kelincahan motor sport Honda ini.

      Meriah! Komunitas All New Ertiga ANE ID Chapter Jateng Rayakan HUT ke-3

      Kota Solo pada 28-29 Januari 2023 siap menjadi tuan rumah Munas komunitas All New Ertiga ANE ID dan menyukseskan kegiatan Munas ANE ID.

      Ini Aturan Membunyikan Klakson, Enggak Boleh Sembarangan

      Ada etika dan aturan yang harus dipahami oleh pengemudi kendaraan di jalan raya dalam membunyikan klakson

      Touring XSR 155, Peserta Yamaha Yard Built Finish di Waduk Sermo Kulonprogo

      Dalam kegiatan touring para peserta menggunakan motor XSR 155 hasil modifikasi para builder tersebut dalam program Yard Built Indonesia.

      Hasil Test Drive Toyota Kijang Innova Zenix: Istimewa

      Dimensi Kijang Innova Zenix ini membesar, yakni lebih panjang 20 mm, lebar 20 mm, dan wheelbase atau jarak sumbu roda depan dan belakang memanjang 100 mm.

      Biaya Perawatan Mobil Listrik Dibandingkan Mobil Konvensional

      Tidak sedikit orang bertanya-tanya soal biaya perawatan mobil listrik, apalah lebih murah atau justru lebih mahal dibandingkan mobil konvensional?

      Seru-seruan sambil Belajar lewat Joy of Creating Bersama Honda Motor Jateng

      Setiap peserta diberikan waktu 120 detik dan dinilai dari ketepatan penyusunan masing-masing part sehingga siap dirakit ke komponen terkait selanjutnya.

      Daftar Harga Chery Tiggo Series yang Resmi Rilis di Indonesia

      Resmi dirilis di Indonesia, Chery Tiggo hadir dalam beragam harga sesuai spesifikasinya.

      Ini Harga All New Toyota Kijang Innova Zenix untuk Jateng dan DIY

      Harga Toyota Kijang Innova Zenix dijual harga mulai Rp425 juta hingga Rp622 juta (on the road/OTR) untuk wilayah Jateng dan DIY.

      Ini Maksud Nama Zenix pada Toyota Kijang Innova Terbaru

      selama ini Toyota Kijang sudah menjadi kebanggaan bangsa Indonesia. Sehingga nama Kijang tetap dipertahankan pada produk terbaru, meskipun secara keseluruhan, Zenix sangat jauh berbeda dengan generasi-generasi Kijang sebelumnya.

      Daftar Mobil Hybrid di Indonesia Ini Patut Dilirik

      Ada sejumlah daftar mobil hybrid di Indonesia yang patut dilirik.

      Segini Konsumsi Bahan Bakar Toyota Innova Zenix Hybrid

      PT Toyota Astra Motor (TAM) mengklaim konsumsi bahan bakar All New Kijang Innova Zenix hybrid lebih irit dari generasi sebelumnya

      Toyota Targetkan Penjualan Kijang Innova Zenix 4.000 Unit per Bulan

      Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM) Anton Jimmy Suwandi mengatakan bahwa pihaknya menargetkan penjualan All New Kijang Innova Zenix sebanyak 4.000 unit per bulan.