SOLOPOS.COM - Tips aman berkendara dari Daihatsu. (Istimewa)

Solopos.com, BANDUNG — Mengendarai mobil di jalanan berbukit dengan kontur naik-turun butuh keahlian dan kejelian pengendara. Daihatsu pun membagikan tips aman berkendara di jalanan yang naik-turun

Lewat Auto Clinic, Daihatsu mengundang 20 Sahabat Klub yang tergabung sebagai komunitas resmi binaan Daihatsu untuk bersilaturahmi, sekaligus berbagi tips berkendara aman yang bertempat di Daihatsu Astra Biz Center, Bandung, Jawa Barat, Minggu (25/9/2022).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Pada sesi sharing kali ini, Daihatsu bekerja sama dengan GT Radial mengambil tema keselamatan berkendara, khususnya di jalan berbukit (hilly road), sesuai dengan area Bandung yang memiliki kontur dan medan jalanan naik-turun.

Acara ini dibuka oleh Kepala Cabang Astra Daihatsu Bandung, Iwan Panji Prabowo, serta dilanjutkan dengan sesi pelatihan in class serta praktik dalam berkendara seperti stop & go climbing ability challenge oleh Sony Susmana, Senior Instructure Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI).

Secara teknis, medan jalan yang menanjak-menurun memiliki potensi bahaya tersendiri yang dapat disebabkan oleh faktor internal, yakni seperti pengemudi (driver) tidak yakin, kurangnya kemampuan mengemudi, hingga kurang pahamnya kondisi medan jalan.

Baca Juga: Daihatsu Gelar Kontes Modifikasi Mobil Virtual, Berhadiah Total Rp74,2 Juta

Selain itu, faktor eksternal juga memengaruhi keselamatan berkendara, seperti kendaraan besar yang melaju di sekitar kita, kondisi permukaan jalan yang licin dan jalan rusak, hingga kondisi area pegunungan lebih sering hujan dan berkabut.

Dalam menghadapi kedua faktor tersebut, berikut tipsnya yang dapat diterapkan saat jalan menanjak-menurun, di antaranya dengan selalu mempertimbangkan ketinggian, panjang, dan tabletop/ujung tanjakan-turunan.

Kemudian kenali kemampuan dalam berkendara dan juga kemampuan kendaraan yang digunakan, selalu jaga jarak (jangan di belakang kendaraan besar saat menanjak dan jangan di depan kendaraan besar saat di turunan).

Seperti diketahui, beberapa model Daihatsu juga sudah dilengkapi fitur keselamatan tambahan khususnya yang berfungsi saat jalan menanjak yaitu fitur HSA (Hill Start Assist), ABS (Anti-Lock Brake System), EBD (Electronic Brake Distribution), serta Vehicle Stability Control (VSC).

Baca Juga: Mesin GranMax Baru dari Daihatsu Makin Kuat, Bikin Bisnis Makin Untung

Ben Faqih selaku Head People Development Department-Customer Satisfaction & Value Chain PT Astra Daihatsu Motor (ADM) mengatakan program ini merupakan salah satu komitmen Daihatsu kepada pelanggan setianya, khususnya Sahabat Klub.

“Edukasi merupakan salah satu visi kami bagi pelanggan setia atau komunitas Daihatsu. Misi kami adalah memberi pengetahuan tentang Safety Driving melalui Auto Clinic sebagai usaha kami dalam mewujudkan bagian dari pelopor keselamatan berlalu lintas. Semoga sharing ini dapat bermanfaat dan diterapkan kepada seluruh pengendara, baik oleh Sahabat Klub, maupun para pengemudi kendaraan agar beraktivitas jadi lebih aman, nyaman, dan menyenangkan bersama keluarga dan Sahabat,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya