SOLOPOS.COM - Siswa MAN 2 Banyumas memamerkan trofi juara yang mereka raih dalam kontes robot 11th World Robotic for Peace (WRP) 2022 yang digelar di Universitas Teknologi Malaysia, 29 November - 3 Desember 2022. (kemenag.go.id)

Solopos.com, BANYUMAS — Prestasi membanggakan diraih siswa Madrasah Aliah Negeri (MAN) 2 Banyumas yang tergabung dalam tim robotika dengan tampil sebagai juara dalam kontes robot internasional di Malaysia.

Tim Robotik MAN 2 Banyumas ini meraih juara pertama pada ajang 11th World Robotic for Peace (WRP) 2022 yang diselenggarakan International Robotic Training and Competition (IRTC) di Universitas Teknologi Malaysia, 29 November-3 Desember 2022.

Promosi UMKM Binaan BRI Ini Jadi Kuliner Rekomendasi bagi Pemudik di Pekalongan

Dalam ajang yang peserta dari 15 negara ini, tim Robotika MAN 2 Banyumas meraih prestasi dalam dua kategori. Pertama, siswa MAN 2 Banyumas tampil sebagai juara pertama The Best Point pada Robot Line Follower Analago dengan tim yang terdiri dari Faiz Khoirul Fuadi siswa kelas XI MIPA 2 dan Eka Erlangga Putra Syariful Hanan dari kelas XI MIPA.

Sedangkan prestasi kedua, diraih tim robotika yang terdiri dari Adan Syahrul Junior kelas XI MIPA 4 dan Gitara Parasdya Abimanyu (kelas XI MIPA 6). Keduanya menyabet gelar juara pertama untuk kategori Robot Soccer IoT.

Ekspedisi Mudik 2024

Kepala MAN 2 Banyumas, Muhamad Siswanto, mengaku bangga dan bersyukur atas prestasi Tim Robotik MAN 2 Banyumas. Menurutnya, ini merupakan kali pertama sekolahnya meraih prestasi pada kejuaraan internaasional yang diikuti sejumlah negara.

Baca juga: Dua Tim Robotik FTI Unissula Maju Kontes Robot Tingkat Nasional

Menurutnya, saat ini, madrasah harus memiliki daya dorong dan melakukan loncatan dalam kemajuan melalui prestasi-prestasi yang dicapai. Lembaga pendidikan harus senantiasa berlomba-lomba dalam kebaikan.

“Agar memiliki daya ungkit atau daya dorong yang kuat, madrasah harus mengubah mindset. Sehingga, yang tadinya berjalan biasa-biasa saja, maka dengan percepatan loncatan prestasi yang diraih siswa, menjadi madrasah yang luar biasa,” ucapnya dikutip dari laman kemenag.go.id, Jumat (2/12/2022).

Di dunia yang semakin tidak terbatas, menurutnya, para siswa perlu dilatih untuk memperluas jangkauan, tidak hanya dalam skala regional dan nasional, tapi juga internasional. Hal itu telah dibuktikan empat siswa MAN 2 Banyumas di ajang internasional WRP 2022.

Baca juga: Mengenal Es Badeg, Minuman Legendaris Khas Banyumas

Siswanto, panggilan akrabnya, berharap semua civitas academika bergerak bersatu untuk mencapai itu. “Momentum kali ini jadikan sebagai momentum bangkitnya madrasah,” tegasnya.

Hal senada disampaikan Wakil Kepala Bidang Akademik MAN 2 Banyumas, Sujono, yang merasa senang dengan prestasi siswanya, terlebih di level internasional.

“Alhamdulillah, saya mewakili seluruh warga madrasah sangat bersyukur atas capaian prestasi siswa pada ajang internasional WRP 2022 di Kuala Lumpur Malaysia. Tentu saja, hal ini menjadi catatan sejarah yang sangat membanggakan bagi MAN 2 Banyumas,” tuturnya.

“Semoga perjuangan guru pembimbing serta para siswa akan menjadi berkah bagi kita semua. Menjadi madrasah yang mandiri berprestasi dan semakin dicintai oleh masyarakat,” tutupnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya