SOLOPOS.COM - Dahlan Iskan (Dok/JIBI/Bisnis Indonesia)

Dahlan Iskan (Dok/JIBI/Bisnis Indonesia)

SOLO–Menteri Negara Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Dahlan Iskan, prihatin masih maraknya aksi pelemparan batu ke kaca kereta api (KA).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Hal ini diungkapkan Dahlan saat ditemui wartawan  di Stasiun Solo Balapan, Senin (24/12/2012).

Ekspedisi Mudik 2024

Saat itu, Dahlan naik kereta api Sancaka dari Surabaya menuju Jogja. Di Solo Balapan, kereta yang ditumpangi Dahlan tiba di stasiun Balapan sekitar pukul 10.55 WIB. Dahlan naik kereta api bersama 18 orang rombongan keluarganya. Pada momen liburan, Dahlan ke Jogja sengaja naik kereta api sembari melihat kondisi pelayanan di kereta api.

“KA kan merupakan bagian dari BUMN. Maka saya ingin lihat perkembangan layanan di kereta api. Tapi saya prihatin, kaca kereta api masih banyak dilempari batu,” kata Dahlan, yang ditemui di gerbong 9.

Dia mengatakan,  kerugian akibat aksi pelemparan batu ke kaca kereta api mencapai Rp10 miliar per bulan. Padahal, kata dia, dana sebanyak itu bisa untuk meningkatkan pelayanan tapi justru habis untuk perbaikan kaca.

“Maka nanti itu kaca-kaca di kereta api dibuat lebih kecil. Supaya saat kaca itu dilempar batu, biaya untuk mengganti tidak terlalu banyak.”

Saat disinggung mengenai rencana penambahan armada kereta api Dahlan mengatakan pihaknya hanya akan fokus pada peningkatan pelayanan kereta api. Sementara, mengenai tujuan Dahlan ke Jogja, akan meresmikan kios pupuk di Jogja.

“Ini kan sudah masuk musim tanam jadi harus memastikan layanan ke petani-petani,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya