Tutup Iklan

Dahlan Iskan Jadi Tersangka, Fadli Zon Ungkit Ahok & Sumber Waras

Dahlan Iskan Jadi Tersangka, Fadli Zon Ungkit Ahok & Sumber Waras

SOLOPOS.COM - Dahlan Iskan (JIBI/Solopos/Antara/Teresia May)

Fadli Zon mengkritik penetapan Dahlan Iskan menjadi tersangka dengan mengungkit soal Ahok dan kasus Sumber Waras.

Solopos.com, JAKARTA -- Wakil Ketua DPR Fadli Zon mengkritik langkah Kejaksaan Tinggi (Kejakti) Jawa Timur menetapkan Dahlan Iskan sebagai tersangka. Menurutnya, penetapan tersangka dan penahanan Dahlan atas kasus yang sudah lama terjadi terkesan janggal.

Dia mengklaim penahanan itu menjadi bukti bawah hukum di Tanah Air masih tebang pilih. Padahal, ujarnya, kasus kekinian seperti pembelian lahan Rumah Sakit (RS) Sumber Waras yang bersinggungan dengan Gubernur DKI Jakarta non-aktif, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), justru tidak ditindaklanjuti.

"Kita ingin hukum itu adil. Ada persamaan. Tidak diskriminatif. Tuntutan orang di berbagai kasus sampai sekarang masih belum jelas akan ke mana seperti RS Sumber Waras tidak bunyi,” ujarnya di Kompleks Parlemen, Jumat (28/10/2016).

Bahkan dia menilai dugaan penistaan agama yang jelas sudah dilaporkan dan diduga dilakukan oleh Ahok sampai sekarang belum diproses. Fadli menilai kasus yang menjerat Dahlan Iskan itu terjadi sudah sangat lama, yaitu sekitar 10 tahun lalu. Politikus Partai Gerindra ini heran kenapa kasus ini baru sekarang diproses.

"Tentu harus ada pertimbangan untuk mengangkat itu. Saya kira perlu ada keadilan. Kalau memang salah ya harus dihukum, tapi kalau kita lihat kenapa baru sekarang. Sementara ada orang dan kelompok yang bersalah tidak diproses secara hukum. Yang disebut tebang pilih ya seperti ini," ujarnya.

Sebelumnya, Kejakti Jawa Timur menetapkan Dahlan Iskan sebagai tersangka dalam kasus dugaan korupsi pelepasan 33 aset PT Panca Wira Usaha (PWU). Setelah ditetapkan sebagai tersangka, Dahlan langsung ditahan di Rumah Tahanan (Rutan) Medaeng, Sidoarjo, Jawa Timur. Baca juga: Jadi Tersangka, Dahlan Iskan Mengaku Diincar Penguasa.

Menanggapi penetapannya sebagai tersangka, Dahlan mengaku tidak kaget. Dia menuding saat ini dia sedang diincar oleh penguasa. "Begini saudara sekalian. Saya tidak kaget dengan penetapan sebagai tersangka ini dan ditahan. Karena semua tahu saya memang sedang diincar terus oleh yang lagi berkuasa," kata Dahlan begitu keluar dari Gedung Kejakti Jatim, Kamis (27/10/2016) malam, seperti ditayangkan live oleh Kompas TV.

Dahlan tak menjelaskan siapa yang dia maksud sebagai "orang berkuasa" itu. Namun sejak tak lagi menjadi menteri, Dahlan memang terbelit beberapa kasus. Dahlan mengklaim tidak pernah menerima uang sepeserpun, bahkan mengaku tak pernah menerima gaji sebagai Direktur PT CWU.

Berita Terkait

Berita Terkini

Pencurian di Toko Elektronik Boyolali, Uang Rp66 Juta dan 32 TV LED Raib

Pencurian terjadi di sebuah toko elektronik di Jl Pandanaran, Boyolali. Uang puluhan juta beserta puluhan barang elektronik digondol maling.

Tembok Dilubangi, Toko Elektronik di Boyolali Disatroni Maling, Kerugian Tembus Rp100 Juta

Sebuah toko elektronik di Jl Pandanaran, Boyolali, menjadi sasaran pencurian. Kejadian itu menyebabkan kerugian hingga sekitar Rp100 juta.

Meski Sudah Divaksin, Wali Kota Salatiga Terpapar Covid-19

Wali Kota Salatiga, Yuliyanto terpapar Covid-19 meski telah menjalani vaksinasi Covid-19 jenis Sinovac pada Februari lalu.

Perusahaan Perkebunan Serat Terbesar Hindia Belanda Ada Di Wonogiri Loh, Ini Lokasinya

Perusahaan perkebunan serat yang memproduksi tali tambang kapal, karung goni, dan lain-lain pada masa Hindia Belanda ada di Wonogiri.

Tempe Bacem Kaleng Magelang Melintasi Melintasi Pasar Dunia

Usaha menengah kecil dan mikro di Kabupaten Magelang terus berinovasi, salah satunya pengrajin tempe dalam kaleng yang justru diminati pasar luar negeri.

Covid-19 Varian India di Kudus, Ini Langkah Gubernur Ganjar

Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Ganjar Pranowo, meminta sejumlah pemerintah kabupaten di Jateng mencanangkan gerakan di rumah saja.

2 SMKN Jogja Ini yang Masuk Top 1.000 Sekolah Terbaik

Jogja punya sekolah menengah kejuruan negeri terbaik yang bisa lolos dalam Top 1.000 sekolah terbaik nasional berdasarkan nilai rerata TPS UTBK tertinggi pada tahun 2020.

Braak, Sepeda Motor Terjepit Seusai Tabrak Bus BST Dekat Flyover Purwosari Solo 

Kecelakaan lalu lintas antara Bus BST dan sebuah sepeda motor terjadi di Jl. Slamet Riyadi atau sisi timur Flyover Purwosari pada Minggu (13/6/2021)

Solo Uji Coba Angkutan Bus Listrik dan Bus Low Deck, Lewat Koridor Mana?

Bus listrik dan bus low deck segera diuji coba di jalanan Kota Solo, rencananya angkutan feeder juga akan diganti mobil bertenaga listrik.

Tradisi Memanggil Jin di Daerah Ini Jadi Atraksi Wisata

Tarian yang berisi tradisi memanggil jin ini telah menjadi bagian dari pertunjukan untuk menyambut tamu-tamu penting yang datang.

Tanpa Lelah, Petugas Rutin Sterilisasi Asrama Haji Donohudan Boyolali

Sterilisasi kawasan Asrama Haji Donohudan di Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Boyolali, terus dilakukan untuk menekan potensi persebaran Covid-19.

Tahu Bakso, Kudapan Khas Ungaran yang Bikin Nagih

Selain dikenal dengan lumpia dan juga bandeng presto, Semarang juga memiliki jajanan khas, yaitu tahu bakso yang aslinya berasal dari Kota Ungaran.