SOLOPOS.COM - Dahlan Iskan (kanan)/ JIBI/Bisnis Indonesia

Dahlan Iskan (kanan)/ JIBI/Bisnis Indonesia

JAKARTA—Wacana perombakan kabinet tengah mengemuka menyusul adanya beberapa kejadian yang membuat tidak dinamisnya pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Wacana tersebut muncul saat rapat antara dewan pembina dan seluruh anggota fraksi di kediaman SBY di Puri Cikeas Indah, Bogor, Jawa Barat, Minggu (9/12/2012) malam.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Selain jabatan Menpora yang kini kosong, nama Menteri BUMN, Dahlan Iskan juga ditengarai disebut-sebut akan di-reshuffle dari kabinet SBY. Kedua nama tersebut muncul dalam rapat karena menjadi sorotan publik belakangan ini. Andi ditetapkan sebagai tersangka kasus pembangunan kompleks olahraga di Hambalang, Bogor, Jawa Barat. Sedangkan, Dahlan membuat gaduh politik dengan menuduh beberapa anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) memeras direksi BUMN.

“Bagaimanapun Pak Dahlan itu pembantu Presiden, walaupun dia sempat menciptakan kegaduhan yang tak baik antara pemerintah dan parlemen, tentunya evaluasi terhadap kabinet itu harus dilakukan terhadap semuanya, tinggal kita serahkan kepada presiden,” ujar Wakil Sekretaris Fraksi Partai Demokrat Achsanul Qosasih di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (10/12/2012).

Fraksi Demokrat menyarankan Presiden SBY segera menunjuk Menpora baru setelah Andi mundur. Untuk fitnah Dahlan, fraksi sudah memaafkannya. “Sementara Menpora menjadi hal yang mendesak. Kami lihat nanti apakah akan benar-benar dilakukan perombakan di kabinet,” jelasnya.

Selain itu Achsanul menegaskan dalam rapat tersebut muncul kegelisahkan dari petinggi partai terhadap kian menurunnya elektabilitas Partai Demokrat. “Ya memang ada kegelisahan, tetapi kami semua di internal partai akan berkomitmen untuk mengevaluasi. Apalagi jelang Pemilu 2014 yang sudah semakin dekat,” tegasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya