SOLOPOS.COM - Al Bayt Stadium (qatar2022.qa)

Solopos.com, SOLO–Atmosfir tertandingan Piala Asia 2023 atau AFC Asian Cup 2023 Qatar bakal terasa seperti Piala Dunia.

Sebab, enam dari delapan stadion yang disiapkan tuan rumah merupakan stadion tempat digelarnya Piala Dunia 2022 lalu. Pertandingan-pertandingan besar ajang sepak bola terakbar di bumi pernah digelar di enam stadion tersebut.

Promosi Jaga Jaringan, Telkom Punya Squad Khusus dan Tools Jenius

Informasi yang dihimpun dari berbagai sumber, Jumat (12/5/2023), enam stadion Piala Asia 2023 yang digunakan menggelar laga Piala Dunia 22 lalu meliputi Al Bayt Stadium, Khalifa International Stadium, Education City Stadium.

Selain itu Al Thumama Stadium, Al Janoub Stadium, dan Ahmad bin Ali Stadium.

Dua stadion Piala Dunia 2022 yang tidak dipakai untuk Piala Asia 2023 adalah Lusail Iconic Stadium yang merupakan stadion terbesar di Qatar dan 974 Stadium (terbuat dari peti kemas) yang dibongkar setelah Piala Dunia usai.

Dua stadion lainnya yang sudah disiapkan tuan rumah untuk Piala Asia 2023 yakni Jassim bin Hamad Stadium dan Abdullah bin Khalifa Stadium.

Barikut profil stadion Piala Asia 2023:

1. Al Bayt Stadium

Stadion Al Bayt terdapat di Al-Khor yang berkapasitas 60.000 penonton. Pada Piala Dunia 2022 lalu, stadion ini digunakan untuk menggelar laga pembuka antara tuan rumah Qatar melawan Ekuador pada 20 November 2022.

Stadion tersebut juga tempat digelar pertandingan besar Spanyol melawan Jerman dan salah satu laga semifinal.

Stadion ini bentuknya seperti tenda Suku Bedouin atau Badawi dan terletak di timur laut Qatar sekitar 35 km dari Doha.

2. Ahmad bin Ali Stadium

Stadion ini berkapasitas 40.000 penonton yang terletak di Al-Rayyan. Stadion tersebut adalah markas klub sepak bola tersukses di Qatar, Al-Rayyan. Dibangun di lokasi tempat lama dengan nama sama dan merupakan satu perhentian metro di luar Education City.

Stadion ini akan menjadi tempat berlangsung laga Indonesia pada babak penyisihan Grup D yakni Indonesia vs Irak pada 15 Januari 2024 dan Indonesia vs Jepang pada 27 Januari 2024.

3. Khalifa International Stadium

Stadion berkapasitas 40.000 penonton ini terletak di Doha yang dibangun pada 1976. Stadion ini pernah menjadi tempat digelarnya partai final Piala Asia 2011 dan final Piala Dunia Antar Klub 2019 antara Liverpool melawan Flamengo.

4. Al Janoub Stadium

Stadion Al Janoub berkapasitas 40.000 penonton yang terletak di selatan Doha di kota Al-Wakrah. Desain stadion ini terinspirasi oleh perahu tradisional yang digunakan untuk mencari mutiara.

5. Education City Stadium

Stadion ini berkapasitas 40.000 penonton yang terletak di kompleks kampus di Al-Rayyan di sebelah barat Doha. Stadion tersebut dapat dicapai dengan metro. Pada Piala Dunia 2022 lalu, stadion ini menjadi tempat laga satu perempat final.

6. Al Thumama Stadium

Stadion ini berkapasitas 40.000 penonton yang terletak di selatan pusat Doha, dekat Bandar Udara Internasional Hamad.

Stadion Al Thumama dibangun menyerupai penutup kepala tradisional Timur Tengah, gahfiya. Stadion ini menjadi tempat pertandingan perempat final. Setelah Piala Dunia 2022 usia, kapasitas penonton dikurangi sampai 20.000.

7. Abdullah bin Khalifa Stadium



Stadion ini berkapasitas 9.000 penonton di Kota Doha yang dibangun pada 2013. Stadion tersebut sebelumnya dikenal sebagai Stadion Duhail. Itu menjadi tuan rumah sembilan pertandingan di Piala Teluk Arab 2019. Stadion ini tidak digunakan pada Piala Dunia 2022.

8. Jassim bin Hamad Stadium

Stadion ini berkapasitas 15.000 penonton di Kota Doha. Stadion tersebut tidak digunakan untuk menggelar pertandingan Piala Dunia 2022 lalu.

Pada Piala Dunia tahun lalu, stadion itu menjadi tempat berlatih mantan juara dunia dan runner up Piala Dunia 2022 yakni Prancis selama turnamen berlangsung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya