Daftar Prodi Pendidikan di SNMPTN 2020? Ini Beberapa Fakta Menariknya
Mahasiswa UT Surakarta di kampus UT Surakarta, Jl. Raya Solo-Tawangmangu Km 9,5, Kecamatan Mojolaban, Kabupaten Sukoharjo, Jateng, Rabu (21/11/2018). (Solopos.com-Ginanjar Saputra)

Solopos.com, SOLO -- Pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri ( SNMPTN) 2020 dimulai Jumat (14/2/2020) pukul 14.00 WIB. Calon mahasiswa akan menentukan program studi atau prodi yang dituju saat pendaftaran SNMPTN.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan pendaftar terkait prodi pilihan. Sebagaimana dikutip dari laman resmi SNMPTN, Sabtu (15/2/2020), pendaftar dapat memilih paling banyak dua program studi dalam satu PTN atau dua PTN.

Kemudian urutan pilihan PTN dan program studi menyatakan prioritas pilihan. Siswa SMK hanya diizinkan memilih program studi yang relevan sesuai ketentuan oleh masing-masing PTN.

Salah satu prodi yang kerap disasar adalah pendidikan. Ini tidak lepas dari kian menjanjikannya lowongan guru PNS. Bila berminat mendaftar di prodi pendidikan dalam SNMPTN 2020, simak beberapa fakta menarik soal prodi ini sebagaimana dihimpun dari berbagai sumber, Sabtu (15/2/2020).

Jumlah Mahasiswa Banyak

Jumlah mahasiswa yang berkuliah di prodi ini cukup banyak, salah satunya di Universitas Terbuka (UT) yang menjadi kampus negeri dengan mahasiswa terbanyak.

Sebagaimana dikutip dari laman UT, mahasiswa UT sebagian besar berkuliah di bidang ilmu pendidikan seperti PGSD dan PGPAUD. Berdasarkan data UT, jumlah mahasiswa UT per 11 Juni 2019 mencapai 292.465 mahasiswa.

Tuduh Hina Presiden Jokowi, Unnes Berhentikan Dosen

Dari jumlah itu, sebanyak 162.670 mahasiswa atau 55,62%-nya berkuliah di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP). UT menjadi salah satu contoh bagaimana tingginya minat masyarakat berkuliah di bidang ilmu pendidikan.

Ini tidak lepas dari tingginya kebutuhan guru di Indonesia. Apalagi lowongan CPNS sebagian besar dibuka untuk guru.

Rasio Putus Kuliah

Bisa dibilang sangat sedikit mahasiswa prodi pendidikan yang drop out alias DO. Pada 2018 lalu, rasio putus kuliah di perguruan tinggi di bidang ilmu pendidikan 2,47%.

Rasio mahasiswa prodi pendidikan DO ini berada di urutan keempat terbawah. Mahasiswa yang paling sedikit DO berasal dari bidang ilmu Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA).

Sedangkan mahasiswa dari bidang ilmu teknik paling tinggi rasio putus kuliah yaitu mencapai 4,66%. Jadi bila mendaftar SNMPTN dan diterima di prodi pendidikan, peluang DO-nya cukup kecil.

Jumlah Profesor Terbanyak

Prodi pendidikan menjadi prodi dengan jumlah profesor terbanyak di Indonesia. Berdasarkan data pada 2018 lalu, jumlah dosen profesor yang mengampu bidang ilmu pendidikan mencapai 1.130 profesor.

Ada 4.235 Becak Di Solo, Semuanya Megap-Megap Tak Dapat Penumpang?

Di bawahnya ada bidang ilmu pertanian sebanyak 1.001 profesor, bidang ilmu sosial sebanyak 894 profesor, dan bidang ilmu teknik sebanyak 688 profesor.

Kemudian bidang ilmu ekonomi sebanyak 627 profesor, bidang ilmu kesehatan 614 profesor, MIPA 482 profesor, bidang ilmu agama 309 profesor, bidang ilmu humaniora 179 profesor, dan bidang seni 37 profesor.

Banyak Dosen Muda

Bila berkuliah di prodi pendidikan, siap-siap bertemu dengan banyaknya dosen muda. Bila dilihat dari bidang ilmu memang bukan yang terbanyak, namun berada di peringkat kedua.

Dosen muda di bidang ilmu pendidikan mencapai 345 orang. Di atasnya ada bidang ilmu teknik dengan 395 dosen muda. Yang dimaksud dosen muda adalah dosen yang usianya masih di bawah 25 tahun.

Sementara, dosen dengan usia di atas 65 tahun paling banyak mengajar pada program studi dengan bidang ilmu kesehatan yaitu sebanyak 1.236 dosen.

Jumlah Prodi Banyak

Prodi pendidikan merupakan salah satu prodi yang jumlahnya paling banyak di Indonesia. Di perguruan tinggi negeri (PTN) total ada 6.725 prodi. Jumlah terbanyak adalah bidang ilmu teknik sebanyak 1.377 prodi.

Bidang ilmu pendidikan berada di urutan kedua yaitu 1.325 unit. PTN yang punya prodi terbanyak di bidang pendidikan adalah Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung. Di kampus ini ada 102 program studi bidang ilmu pendidikan.

Dijuluki Sekolah Artis, Ini Deretan Alumni SMA 7 Solo Yang Jadi Artis

Kemudian ada Universitas Negeri Yogyakarta dengan 76 program studi pendidikan dan Universitas Negeri Malang dengan 72 proogram studi.

Kampus swasta juga punya banyak program studi pendidikan. Dari seluruh kampus swasta ada 14.429 prodi. Dari jumlah itu ada 2.224 prodi bidang pendidikan.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya



Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho