SOLOPOS.COM - Wakil Wali Kota Solo Teguh Prakosa bersama pemenang Lomba Kreativitas dan Inovasi (Krenova) Kota Solo 2023 di Gedung Inkubator Bisnis Kawasan Sains dan Teknologi, Solo, Kamis (25/5/2023). (Istimewa/Dokumentasi Pemkot Solo)

Solopos.com, SOLO– Wakil Wali Kota Solo Teguh Prakosa telah menyerahkan hadiah kepada pemenang Lomba Kreativitas dan Inovasi (Krenova) Kota Solo 2023 di Gedung Inkubator Bisnis Kawasan Sains dan Teknologi, Solo Kamis (25/5/2023).

Lomba Krenova diadakan guna mendorong masyarakat Kota Solo untuk melakukan kreativitas dan inovasi dengan karya-karya yang mereka buat. Pembukaan pameran lomba Krenova dilakukan selama dua hari mulai Rabu (24/5/2023).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Lomba ini dibagi menjadi dua kategori, yaitu kategori pelajar dan kategori umum. Pengumuman juara dibacakan perwakilan dewan juri D. Andang Arif Wibawa dari Universitas Setiabudi Surakarta.

Untuk juara 1 kategori pelajar dimenangkan oleh SMK Katolik Santo Mikael dengan inovasi Batik Drawing Bot. Tim penemunya adalah Leonardo Muliasakti Cahyo P. dan Marcellino  Billy Fernando.

“Yang pertama kami sangat senang dan tidak mengira karena sebelumnya kami sempat kalah di lomba sebelumnya, padahal pas itu kita cuma mendapatkan juara 6. Tetapi setelah kita melakukan pengembangan lagi, kita gali lagi, akhirnya dapat membuahkan hasil yang maksimal. Inovasi yang kami kembangkan awalnya adalah Drawing Robot, tetapi sekarang kami akan lebih mendetailkan lagi menjadi Drawing Batik Robot,” kata perwakilan SMK Santo Mikael Solo melalui keterangan tertulis yang diterima Solopos.com.

Sedangkan juara 1 kategori umum dimenangkan oleh masyarakat Banjarsari, yakni Falach Noor Syahid, Dinar Wahyu Wibowo, dan Robawati.

Mereka memiliki inovasi Aplikasi Habitz.id yang merupakan aplikasi parenting berbasis gamifikasi dengan metode start chart dan reward game untuk membentuk kebiasaan positif anak.

Acara diakhiri dengan penyerahan piala dan hadiah kepada para pemenang dan juga foto bersama dari Wakil Wali Kota Solo dengan para juara lomba dan para juri Lomba Krenova 2023.

Adapun pemenang lomba Krenova 2023 Kota Solo kategori masyarakat umum adalah:

Juara 1 Habitz.id

Juara 2 Siphonix, platform digital budidaya hidroponik karya Muhammad Imam Asrawi dan Amalia Nadifta Ulfa asal Universitas Sebelas Maret (UNS)

Juara 3 Tiny House Griyo Mbah Wiro karya Sarjono dari Kecamatan Serengan

Harapan 1 berupa pemanfaatan limbah potong blockboard sebagai bahan kerajinan untuk membentuk motif kerajinan berbahan kayu menjadi lebih unik dengan memotong secara melintang.

Karya milik Herawan Kristianto dari Kecamatan Banjarsari

 

Sementara pemenang lomba Krenova 2023 Kota Solo kategori pelajar adalah:

Juara 1 Batik Drawing Bot

Juara 2 Es Krim Edora, pemanfaatan kedelai, kelor, jahe menjadi nutrasetikal es krim pencegah anemia.

Es Krim Edora merupakan temuan dari Nadiyah, Fadiyah Sumayyah, dan Fatimah dari SMA Islam Diponegoro.

Juara 3 Inovasi Bubble Paper Som Jawa untuk Gaya Hidup Modern.

Inovasi itu merupakan temuan dari Mohammad Rasya Wibisono, Danina Afroida Fauziah Sobani, dan Ibrahim Aqeela Usman dari SMA Al-Azhar Syifa Budi.

Harapan 1 Pemanfaatan ecoenzim kulit jeruk baby dan limbah kulit jeruk nipis sebagai deterjen bubuk ecobypis (Ecoenzim jeruk baby aroma jeruk nipis).

Karya itu ditemukan Zabrina Salsabila Kumalaratih, Arkan Artha Syandana, Thariq Raditya Susanto dari SMP Al-Azhar Syifa Budi

Harapan 2 Cilok Isi Jamu Tradisional Cara Milenial Zaman Now Konsumsi Jamu Tradisional karya Kyla Audrey Saraswati dari SMA Muhammadiyah 1 Solo.



Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya