SOLOPOS.COM - Deklarasi Partai Perindo (Ismar Patrizki)

KPU Sleman mengembalikan berkas pendaftaran Partai Perindo.

Harianhogja.com, SLEMAN— Berkas pendaftaran yang diserahkan Partai Perindo pada KPU Sleman dinyatakan belum lengkap dan dikembalikan. Partai baru ini masih kekurangan Kartu Tanda Anggota (KTA) sebanyak 149 dari jumlah minimal yang ditetapkan.

Promosi Antara Tragedi Kanjuruhan dan Hillsborough: Indonesia Susah Belajar

Perindo merupakan satu-satunya partai yang sudah menyerahkan berkas pendaftarannya hingga hari ketujuh pendaftaran partai politik peserta Pemulu pada Senin (9/10/2017). Komisioner KPU Sleman Divisi Hukum, Pengawasan, dan Hubungan Antar Lembaga Imanda Yulianto mengatakan Perindo sudah menyerahkan berkasnya namun dikembalikan karena belum lengkap.

Ekspedisi Mudik 2024

“Jadi tetap dianggap belum menyerahkan,” ujarnya Senin (9/10/2017). Sesuai Sistem Informasi Partai Politik (Sipol), Perindo memiliki anggota sebanyak 1.087 orang. Namun jumlah itu belum sesuai dengan jumlah dokumen KTP atau KTA yang diserahkan. Imanda menerangkan baru ada 938 dokumen tang terhitung di KPU sehingga berkas pendaftaran dikembalikan untuk diperbaiki lagi.

Pendaftaran parpol untuk ikut serta dalam Pemilu Legislatif pada 14 April 2019 akan dilakukan pada 3 hingga 16 Oktober mendatang. Sejumlah partai sebelumnya sudah melakukan konsultasi pada KPU Sleman baik parpol lama maupun baru.

Sementara itu, Ketua DPD Perindo Sleman Aswin Hidayan mengakui kekurangan tersebut sehingga partainya belum bisa terdaftar di KPU Sleman. Menurutnya, pencetakan KTA dilakukan di DPP sehingga masih ada beberapa lagi yang belum sampai ke jajaran kabupaten maupun kota. “Pasti langsung kita perbaiki dan serahkan ke KPU,” ujarnya.

Di Gunungkidul juga terjadi hal serupa. DPD Perindo Gunungkidul gagal menyerahkan salinan bukti keanggotaan partai politik calon peserta Pemilu 2019. Adanya kegagalan ini, maka sejak dibuka pada Selasa (3/10/2017) hingga Senin (9/10/2017) belum ada satu pun parpol yang menyerahkan berkas keanggotaan ke KPU Gunungkidul.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya