SOLOPOS.COM - Robert Budi Hartono dan Michael Hartono ((beautynesia.id))

Solopos.com, JAKARTA — Pemilik Grup Djarum Hartono bersaudara masih kokoh menempati posisi puncak dengan akumulasi kekayaan yang meningkat dibandingkan dengan tahun lalu.

Hal itu diketahui saat Forbes belum lama ini kembali merilis daftar 50 orang terkaya di Indonesia.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Dalam laporannya, Forbes menyebutkan bahwa kekayaan bersih 22 taipan Indonesia melesat hingga 11 persen sehingga menjadi US$180 miliar, dari US$162 miliar pada 2021.

Peningkatan pundi-pundi kekayaan tersebut tidak terlepas dari tingginya harga sejumlah komoditas ekspor.

Ekonomi Indonesia diperkirakan tumbuh 5,3 persen tahun ini. Sejalan dengan hal tersebut, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) telah menguat 8 persen saat penghitungan kekayaan dilakukan Forbes.

Baca Juga: Daftar 10 Orang Terkaya di Dunia Menurut Forbes, Intip Yuk!

Robert Budi Hartono dan Michael Hartono yang kokoh di peringkat pertama tercatat memiliki total kekayaan senilai US$47,7 miliar, naik US$5,1 miliar daripada 2021.

Makin tebalnya kantong Hartono bersaudara tidak lepas dari kontribusi initial public offering (IPO) PT Global Digital Niaga Tbk. (BELI) alias Blibli yang berhasil meraup dana segar sekitar Rp8 triliun atau US$510 juta.

Posisi kedua dalam daftar orang Indonesia terkaya versi Forbes ditempati bos PT Bayan Resources Tbk. (BYAN) Low Tuck Kwong. Kekayaan Low Tuck Kwong naik hampir lima kali lipat menjadi US$12,1 miliar, dari hanya US$2,55 miliar tahun lalu berkat harga batu bara yang tinggi.

Lesatan kekayaan Low Tuck Kwong tidak lepas dari kenaikan harga saham BYAN yang merupakan salah satu perusahaan tambang batu bara terbesar di Tanah Air.

Baca Juga: Sosok John Kusuma, Crazy Rich Pewaris Pabrik Rokok Kudus dengan Harta Rp2,1 T

Harga saham BYAN telah naik 449,06 persen secara year to date (ytd). Di posisi ketiga, Kekayaan keluarga konglomerat Grup Sinar Mas Widjaja tercatat naik US$1,1 miliar menjadi US$10,8 miliar, tetapi posisinya turun ke peringkat tiga.

Kenaikan kekayaan bersih turut disumbang oleh pemulihan bisnis kertas Sinar Mas. Kemudian Sri Prakash Lohia dari Indorama Corp berada di posisi keempat dengan kekayaan yang naik US$1,5 miliar menjadi US$7,7 miliar.

Sementara itu, kekayaan Bos Indofood Anthoni Salim yang berada di peringkat Kelima turun US$1 miliar menjadi US$7,5 miliar.

Berikut daftar 10 orang terkaya di Indonesia versi Forbes

  • R. Budi & Michael Hartono; US$47,7 miliar
  • Low Tuck Kwong; $12,1 miliar
  • Keluarga Widjaja; $10,8 miliar
  • Sri Prakash Lohia; $7,7 miliar
  • Anthoni Salim; $7,5 miliar
  • Chairul Tanjung; $5,2 miliar
  • Prajogo Pangestu; $5,1 miliar
  • Boenjamin Setiawan; $4,8 miliar
  • Tahir; $4.2 miliar
  • Djoko Susanto; $4,1 miliar

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul: Daftar Orang Terkaya di Indonesia, Low Tuck Kwong Salip Grup Sinar Mas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya