SOLOPOS.COM - Potret Candi Prambanan saat sore hari. Di area ini Pagelaran Legenda Roro Jonggrang secara rutin digelar sebagai sarana pelestarian sejarah dan budaya. (Istimewa/borobudurpark.com)

Solopos.com, KLATEN — Di dekat Candi Prambanan ditemukan banyak objek wisata menarik. Tentunya, deretan wisata di dekat Candi Prambanan bisa menjadi wisata alternatif atau wisata pendukung bagi Anda yang sedang piknik di candi yang berlokasi di perbatasan Klaten (Jateng) dengan Sleman (DIY) tersebut.

Dilansir dari perpusnas.go.id pada Jumat (3/2/2023), sebagian dari kawasan wisata yang yang terletak pada ketinggian 154 meter di atas permukaan laut ini termasuk dalam wilayah Kabupaten Sleman. Sedangkan sebagian lagi masuk dalam wilayah Klaten.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Candi Prambanan terletak di lingkungan Taman Wisata Prambanan, kurang lebih 17 km ke arah timur dari Yogyakarta, tepatnya di Desa Prambanan Kecamatan Bokoharjo. Lokasinya hanya sekitar 100 meter dari jalan raya Yogya-Solo sehingga tidak sulit untuk menemukannya.

Di dekat Candi Prambanan juga terdapat wisata menarik yang patut dikunjungi. Berikut ini daftarnya:

1. Candi Sojiwan

Candi Sojiwan berada di Dukuh Kalongan, Desa Kebon Dalem Kidul, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten. Lokasi candi ini berjarak kurang lebih 2 kilometer dari Candi Prambanan.

Daya tarik paling utama yang di miliki Candi Sojiwan adalah keberadaan 20 relief. Bagian puncak relief digambarkan adegan kisah Jataka atau Pancatantra.

Komplek Candi Sojiwan memiliki luas sekitar 8.140 meter persegi, luas bangunan candi 401,3 meter persegi dan tinggi sekitar 27 meter. Kompleks candi yang luas dilengkapi pagar besi yang mengelilinginya.

2. Candi Plaosan

Candi Plaosan berlokasi di Dukuh Plaosan, Desa Bugisan, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Kawasan candi di bagi menjadi dua bagian, yaitu area Lor (Selatan) dan Kidul (Utara) dengan jarak 20 meter.

Hal menarik dari Candi Plaosan ini sejatinya menjadi bukti cinta dari Rakai Pikatan yang menganut agama Hindu untuk sang istri Pramudya Wardhani yang menganut agama Buddha. Rakai Pikatan sengaja mendesain Candi Plaosan dengan sentuhan dua agama sekaligus (Hindu dan Buddha).

3. Taman Air Galuh Tirtonirmolo

Objek wisata ini lokasinya sangat dekat dengan Candi Prambanan, yakni hanya berjarak kurang lebih 1 kilometer. Taman air ini lokasinya menyatu dengan Hotel Galuh Prambanan.

Dilansir dari wisatahits.blog pada Jumat (3/2/2023), waterpark ini buka setiap hari mulai pukul 07.00 hingga 17.00 WIB.

Di hari biasa, Senin hingga Sabtu, tiket masuk ke objek wisata ini senilai Rp 15.000/orang. Sedangkan saat Minggu dan hari libur, harga tiketnya Rp 20.000/orang.

4. Galpentjil Heritage Klaten

Objek wisata ini berada di bawah Perbukitan Seribu Sleman, Jogja. Lokasi tepatnya di Desa Pereng, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten.

Di lokasi ini, pengunjung langsung bisa melihat pemandangan alam dari ketinggian. Di Galpenjtil Heritage Pereng, pengunjung dapat berswafoto dengan latar belakang Gunung Merapi dan Candi Prambanan.

“Di Galpentjil Heritage Pereng sudah dibangun gapura dan joglo pandang,” kata Kepala Desa (Kades) Pereng, Kecamatan Prambanan, Purwanto Hadi, saat ditemui wartawan di desanya, Sabtu (25/1/2020).

Di luar objek wisata itu, masih banyak lokasi wisata di dekat Candi Prambanan. Hal itu termasuk objek wisata di kawasan Sleman, DIY, yang notabenenye dekat dengan Candi Prambanan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya