SOLOPOS.COM - Ilustrasi motor bisa buat ngecharge HP. (astra_honda.com)

Solopos.com, SOLO-Berikut ini daftar motor yang bisa buat ngecas HP, cocok buat kamu yang memiliki mobilitas tinggi di jalan raya seperti pengemudi ojek online. Simak ulasannya di info otomotif kali ini.

Teknologi terus berkembang, bukan hanya di dunia informatika, tapi juga di dunia otomotif, termasuk roda dua. Tak lain dan bukan, pengembangan ini dilakukan untuk menjawab kebutuhan konsumen.  Salah satu teknologi yang menuruti perkembangan zaman sekarang adalah fitur power charger atau charger HP. Di era digital ini, penggunaan HP atau smartphone sudah tidak bisa lepas dari kegiatan atau aktivitas sehari-hari.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Tiap pabrikan biasanya memiliki istilah atau nama tersendiri untuk fitur charger HP. Ada yang menyebutnya dengan USB charger, power outlet, dan lainnya. Pada Honda, fitur ini disebut dengan Power Charger. Daya maksimal yang dihasilkan dari fitur ini bermacam-macam, ada yang 5V 2.1A dan ada yang 12V 1A.

Baca Juga: Mantap! IKN akan Uji Coba Mobil Terbang pada 2024

Berikut ini daftar motor yang bisa ngecas HP seperti dikutip dari berbagai sumber pada Kamis (1/12/2022):

1. New Honda Supra X 125 PGM FI

Motor bebek yang satu ini termasuk motor legendaris, karena nama Supra sendiri bertahan hingga bertahun-tahun lamanya. Bahkan, jika dibandingkan dengan Supra generasi pertama, pada Supra yang sekarang signifikan sekali perubahannya.

Fitur Power Charger pada New Honda Supra X 125 PGM FI dapat ditemukan di bawah jok. Modelnya masih memerlukan adaptor model car charger.

2. Honda Scoopy

Dikutip dari situs Astra Honda Motor pada Kamis (1/12/2022), pada skuter matik (skutik) ini, fitur Power Charger tidak diletakkan di bawah jok atau bagasi. Fitur ini disematkan pada laci depan yang memiliki penutup.

Baca Juga: Ini Aturan Membunyikan Klakson, Enggak Boleh Sembarangan

Selain itu, fitur ini menggunakan nama USB Power Charger. Sebab, tidak memerlukan adaptor model car charger, melainkan sudah langsung colok kabel USB. Sehingga, lebih praktis digunakan.

3. Honda Genio

Honda Genio masuk daftar motor yang bisa ngecas HP. Skutik ini memiliki Power Charger di bagian bagasi. Sehingga, saat HP diisi dayanya, posisinya tetap aman karena terlindungi dari risiko terjatuh.

4. Honda Beat

Salah satu skutik Honda yang paling laris di pasaran ini juga sudah dilengkapi dengan Power Charger. Letaknya ada di bawah kunci kontak.

5. All New Honda PCX

Skutik bongsor ini juga masuk daftar motor yang bisa buat ngecas HP. Letaknya ada di laci depan sebelah kiri. Saat digunakan, HP juga bisa disimpan di dalam laci dan tetap aman dari risiko terjatuh. Sebab, lacinya juga memiliki penutup.

Baca Juga: Biaya Perawatan Mobil Listrik Dibandingkan Mobil Konvensional

6. Honda PCX e:HEV

Skutik PCX versi hybrid ini juga sudah dibekali dengan USB Power Charger. Sama seperti pada All New PCX, letaknya ada di laci depan sebelah kiri.

7. Honda ADV 150

Skutik petualang Honda di kelas 150 cc ini juga punya Power Charger. Sehingga, tak perlu khawatir kehabisan daya pada baterai HP saat berkendara jarak jauh.

8. All New Honda Forza

Skutik 250 cc punya Honda juga sudah dilengkapi dengan USB Power Charger. Letaknya ada di laci depan sebelah kiri dan memiliki penutup.

9.  Yamaha Gear 125

Beralih ke pabrikan lain, ada motor paling anyar Yamaha Gear 125 yang juga patut masuk daftar pertimbangan. Sebagai motor matic baru, Gear juga sudah membawa beberapa sentuhan kekinian seperti lampu LED, ban tubeless, lampu hazard, dan tak ketinggalan power outlet tentunya.

Baca Juga: Segini Konsumsi Bahan Bakar Toyota Innova Zenix Hybrid

Mengutip laman Yamaha Motor,  dapur pacunya pakai mesin 125 cc Blue Core yang memproduksi tenaga 9,5 ps pada 8.000 rpm dan torsi 9,5 Nm pada putaran 5.500 rpm.

10. Yamaha Freego

Kemudian ada Yamaha Freego sebagai skutik anyar yang diluncurkan 2018 lalu. Motor ini hadir guna membendung dominasi Honda Vario yang punya kapasitas bagasi besar hingga 18 liter.  Untuk itu Freego memberi perlawanan lewat kapasitas bagasi yang lebih besar hingga 25 liter, setara Yamaha Nmax. Bentuk keseluruhannya serba membulat dan gemuk. Bannya pun pakai diameter 12 inci.

Beberapa fitur yang juga jadi andalan ada speedometer digital, lampu depan LED, mulut tangki bensin berada di area dek sebelah kiri yang biasanya jadi slot penyimpanan, serta power outlet yang letaknya di atas rumah kunci alias dek sebelah kanan.

11. Yamaha Aerox 155 VVA

Dengan teknologi blue core-nya, Yamaha mengklaim motor ini lebih bertenaga pada tarikan mesinnya dan motor ini juga sudah memiliki fitur charger HP atau Electric Power Socket untuk mengisi daya HP kamu.

Baca Juga: Motor yang Mirip Vespa, Cocok untuk Bergaya Retro Nih!



Berbeda dengan motor lain yang berada di jok atau bagasi bawah, fitur charger Yamaha Aerox 155 VVA berada di depan tepatnya sebelah kiri di bawah kemudi.  Fitur itu memiliki cover yang terdiri dari dua lapis, pertama adalah konsol dengan laci dan yang kedua adalah tutup power outletnya itu sendiri.

Di motor ini, spesifikasinya sendiri mengikuti stkamur, yaitu 12 Volt 1 Ampere, jadi aman digunakan dan tidak merusak kelistrikan motor.  Cara menggunakannya pun cukup colok charger yang biasa digunakan ke lighter mobil, lalu posisikan kunci kontak motor ke ON.

12. Yamaha XMAX

Sebagai motor premium Yamaha, Yamaha XMAX sudah memiliki fitur Electric Power Socket untuk mengisi daya gadget pengendara.

13. Suzuki Nex II

Suzuki juga masuk daftar motor yang bisa ngecas HP. Suzuki Nex II sudah dilengkapi fitur power outlet. Tapi bentuknya sudah port USB jadi tinggal siapkan kabel cas. Skutik inilah satu-satunya lawan sepada Honda BeAT karena pakai mesin 110 cc.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya