Makanan Ini Sumber Vitamin D, Wajib Dikonsumsi

Seiring bertambahnya usia, kesehatan tulang Anda sangat penting untuk membuat Anda tetap kuat, jadi memiliki sumber vitamin D yang konsisten sangat penting.

 Salmon. (Freepik)

SOLOPOS.COM - Salmon. (Freepik)

Solopos.com, SOLO-Bukan hanya dari matahari yang menjadi sumber vitamin D tinggi, Anda juga bisa mendapatkannya di makanan.  Vitamin penting ini penting untuk menyerap kalsium di usus Anda, yang membantu pembentukan dan pertumbuhan lahir, serta pemecahan dan penumpukan jaringan tulang.

Seiring bertambahnya usia, kesehatan tulang Anda sangat penting untuk membuat Anda tetap kuat dan mencegah Anda dari cidera karena jatuh atau bahkan mengembangkan osteoporosis, jadi memiliki sumber vitamin D yang konsisten sangat penting. Dietary Reference Intake (DRI) mengatakan bahwa Anda harus mendapatkan setidaknya 15 mikrogram per hari untuk orang dewasa di bawah 70 tahun, dan 20 mikrogram untuk orang dewasa yang lebih tua dari 70 tahun. Ini setara dengan 600 hingga 800 unit internasional (IU).

Baca Juga: Wuih Keren! BTS Kembali Tampil di Markas PBB

Mengekspose tubuh ke sumber vitamin D beberapa kali sepekan (dibandingkan setiap hari) masih cukup untuk kesehatan tubuh Anda. Misalnya, National Institute of Health mengatakan mengekspose kulit Anda ke sinar matahari dua kali sepekan selama 5 menit hingga 30 menit (biasanya pada waktu terik matahari, antara pukul 10.00 WIB dan 16.00 WIB) akan memberi Anda sumber vitamin D yang cukup untuk hari itu. Vitamin D adalah vitamin yang larut dalam lemak, artinya dapat disimpan di jaringan lemak Anda dan digunakan nanti.

Namun tahukah Anda ada sejumlah makanan yang juga merupakan sumber vitamin D?  Mengutip Eat This dan Bisnis.com, Selasa (21/9/2021), berikut beberapa rekomendasi makanan sumber vitamin D:

1. Fatty fish

Young mengatakan bahwa ikan berlemak seperti salmon, tuna, dan mackerel adalah sumber vitamin D yang bagus dalam makanan Anda. Ikan haring dan sarden juga mengandung vitamin D. Satu studi yang diterbitkan dalam Journal of Biochemistry and Molecular Biology mampu menyimpulkan bahwa salmon liar menyediakan 988 IU vitamin D dalam 3,5 ons. porsi, yaitu 124% dari nilai harian Anda (DV) vitamin D.

Baca Juga: Lalisa Lisa Blackpink Debut di Billboard Hot 100 Jadi Trending Topic

2. Kuning telur

Ya, kuning telur adalah bagian telur yang paling berlemak, tetapi juga padat dengan unsur-unsur bergizi yang membuatnya sangat berharga untuk dimasukkan ke dalam telur orak-arik Anda. Young menunjukkan bahwa kuning telur juga merupakan sumber vitamin D, jadi makan kuning telur utuh sangat berharga. Menurut USDA, satu kuning telur besar mengandung 37 IU. Jika Anda makan dua telur besar saat sarapan, Anda akan mengonsumsi 74 IU vitamin D, yaitu sekitar 10% dari DV Anda.

3. Jamur liar

Ya, jamur juga ada dalam daftar terutama saat terkena sinar matahari. Jamur liar adalah satu-satunya sumber tanaman vitamin D yang baik, karena bisa membuat vitamin D2 saat terkena sinar UV.

Baca Juga: Awas! Penggunaan Gadget Berlebihan Picu Penuaan Dini Kulit

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Food and Chemical Toxicology, jamur liar yang telah terkena sinar matahari dapat menyediakan hingga 2.300 IU per porsi 3,5 ons, yang merupakan 288% dari DV Anda untuk hari itu. Namun, ini masih di bawah batas atas yang dapat ditoleransi (UL) yaitu 4.000 IU sehari, yang direkomendasikan oleh DRI.

4. Makanan yang diperkaya

Dengan banyaknya makanan terbatas yang menyediakan vitamin D, ada beberapa makanan yang telah difortifikasi yang dapat membantu asupan vitamin D. Seperti produk susu, susu nabati, OJ, dan sereal. Makanan yang telah diperkaya diberi tambahan vitamin dan mineral yang tidak terjadi secara alami dalam produk tersebut.

Vitamin D dan A biasanya ditambahkan ke susu dan makanan populer lainnya, serta nutrisi seperti asam folat (folat), seng, dan zat besi. Bergantung pada itemnya, Anda kemungkinan akan mendapatkan sekitar 100 hingga 200 IU per porsi salah satu item ini, atau 13% hingga 25% dari DV Anda.

 


Berita Terkait

Berita Terkini

Keren! Bocah 15 Tahun Ini Bisa Mainkan Musik DJ dan Wayang Bersamaan

Meski berumur 15 tahun, Lionel pandai bermain piringan hitam dan mampu mengombinasikan dengan permianan wayang.

Inil Bacaan Doa Saat Ziarah Kubur dan Tata Caranya

Inilah doa yang dipanjatkan ketika berziarah kubur lengkap dengan arti dan tata caranya.

Hari Pangan Sedunia 2021: Sudah Tepatkah Kita Memperlakukan Pangan?

Peringatan Hari Pangan Sedunia bertujuan untuk mempromosikan kesadaran dan tindakan global terhadap kelaparan serta untuk menyoroti perlunya memastikan pola makan yang sehat untuk semua.

Hari Pangan Sedunia 2021, Momentum Evaluasi Ketahanan Pangan Indonesia

Selama ini aktivitas manusia dalam mencapai ketahanan pangan sering menurunkan atau menghancurkan habitat alami dan berkontribusi pada kepunahan spesies.

Usia Seks Anak Makin Maju, Beri Pendidikan Seks Sesuai Usia Anak

Majunya usia anak yang melakukan seks tersebut, disebabkan oleh kurangnya edukasi mengenai hubungan seks dan kesehatan reproduksi pada anak.

Mengenal Jenis-Jenis Lensa Kontak, Manakah yang Paling Baik?

Penggunaan lensa kontak saat ini bukan hanya sebatas sebagai alat bantu penglihatan, melainkan juga sudah seperti bagian dari fashion.

6 Makanan Ini Membantu Perkembangan Otak Anak

Ada sejumlah makanan yang tepat dapat membantu meningkatkan daya ingat, konsentrasi, dan fungsi otak anak Anda.

Efek Pandemi Covid-19, Kasus Tuberkulosis Naik Lagi

WHO memaparkan bahwa kemajuan dalam pemberantasan penyakit TBC telah menjadi lebih buruk karena meningkatnya jumlah kasus yang tidak terdiagnosis dan tidak diobati.

Punya Cicilan Utang KPR atau Pinjol? Ini Trik Bijak Melunasinya

Kita bisa menerapkan salah satu dari dua trik jitu supaya bisa cepat dapat melunasi utang atau cicilan yaitu menggunakan metode debt snowball atau debt stacking.

Mengenal Penyebab Kanker Usus Seperti Diidap Pelawak Qomar

Penyebab utama di balik kedua jenis kanker usus ini adalah mutasi gen.

Viral Kisah Sedih Pria Hidupi Istri ODGJ, Netizen Sindir Baim Wong

Video perjuangan pria menafkahi istrinya yang ODGJ itu kemudian viral di media sosial dan ada netizen yang mengaitkan dengan Baim Wong yang kini ramai diperbincangkan.

90 Karya Seni Rupa Semarakkan Pameran Lentik/Lenting ISI Surakarta

Pameran Lentik/Lenting adalah gagasan untuk melihat lentiknya potensi pengetahuan seni tradisi dengan segenap ciri artistik dan estetiknya, serta potensinya untuk melenting.

15 Oktober Hari Cuci Tangan Sedunia, Tak Hanya untuk Cegah Covid-19

Peringatan Hari Cuci Tangan Sedunia ini pertama dicetuskan oleh Global Handwashing Partnership pada tahun 2008.

Cara Mudah Membeli dan Menggunakan Meterai Elektronik alias E-Meterai

Berikut ini terdapat cara mudah membeli dan menggunakan meterai elektronik alias e-meterai di pos.e-meterai.co.id.

Ini Bacaan Doa Agar Usaha dan Rezeki Lancar

Berikut bacaan doa yang bisa dilafalkan setiap hari agar usaha dan rezeki dilancarkan atas izin-Nya.

Agar Anak Tidak Jadi Penakut, Ajarkan Doa Ini!

Berikut ini terdapat doa yang bisa orang tua ajarkan kepada si kecil agar anak tidak jadi penakut. Lengkap dengan latin dan artinya.