SOLOPOS.COM - Ilustrasi penyandang disabilitas. (JIBI/Harian Jogja/Antara)

Solopos.com, WONOGIRI — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wonogiri bersama Komisi Nasional Disabilitas (KND) Indonesia menggelar audiensi di ruang Khayangan Sekretariat Daerah Wonogiri, Rabu (21/12/2022). Dalam audiensi tersebut disepakati perlunya komitmen bersama, dari pemerintah hingga masyarakat guna melindungi dan memenuhi hak disabilitas di Kabupaten Sukses.

Komisioner KND Indonesia, Jonna Aman Damanik, mengatakan audiensi tersebut dalam rangka memastikan Pemkab Wonogiri menghormati, melindungi, dan memenuhi hak-hak disabilitas di Wonogiri. KND menggali informasi dari semua pemangku kepentingan di Wonogiri termasuk di antaranya para disabilitas dan komunitas disabilitas Wonogiri.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

“Itu menjadi dokumen penting bagi kami. Bagaimana Wonogiri menjalankan amanat undang-undang melalui kebijakan-kebijakan. Bagaimana keberpihakannya kepada disabilitas,” kata Jonna saat diwawancarai Solopos.com seusai acara.

Bupati Wonogiri, Joko Sutopo, mengatakan persoalan perlindungan dan pemenuhan hak disabilitas di Wonogiri tidak bisa dipikul sendiri oleh pemerintah daerah. Perlu upaya kolaboratif dari hulu hingga hilir, pemerintah hingga masyarakat.

Menurutnya, disabilitas mempunyai hak yang sama seperti pada orang pada umumnya. Tetapi hak yang sama itu bukan berarti mereka mendapatkan kebijakan yang sama.

Baca Juga: Inilah Daftar Lengkap Pemenang Wonogiri Innovation Award 2022

Justru karena disabilitas, mereka harus mendapatkan kebijakan khusus. Pemerintah mesti memberikan privilege dibanding orang lain karena keterbatasannya.

Berikut ini daftar penyandang disabilitas di Wonogiri:

1. Anak dengan tuna netra: 140 jiwa

2. Anak dengan tuna daksa: 607 jiwa

3. Anak dengan tuna rungu: 433 jiwa

Baca Juga: Selamat! Tim SDN 1 Pondok Juara I Turnamen Bola Voli di SDN 6 Wonogiri

4. Anak dengan tuna grahita: 645 jiwa

5. Anak dengan tuna laras: 218 jiwa

6. Anak dengan tuna daksa dan grahita: 323 jiwa

7. Dewasa dengan tuna daksa: 3.083 jiwa

8. Dewasa dengan tuna netra: 909 jiwa

Baca Juga: Dorong Inovasi Terus Bermunculan, Pemkab Gelar Wonogiri Innovation Award 2022

9. Dewasa dengan tuna rungu: 1.022 jiwa

10. Dewasa dengan tuna grahita: 2.039 jiwa

11. Dewasa dengan tuna laras: 1.045 jiwa

12. Disabilitas ganda: 608 jiwa

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya