SOLOPOS.COM - Ilustrasi kotak suara. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO-Sejumlah nama yang sudah tidak asing lagi ikut menghiasi daftar artis nyaleg untuk Pemilu 2024 mendatang. Siapa saja mereka? Simak ulasannya di kabar artis kali ini.

Sebagaimana diketahui pendaftaran calon anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Pemilu 2024 masih dibuka hingga 14 Mei 2023. Terdapat sejumlah ketentuan yang perlu dipenuhi oleh para calon anggota legislatif DPR  2024 sebelum akhirnya partai politik (parpol) asal dapat mengajukan mereka ke Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Promosi Alarm Bahaya Partai Hijau di Pemilu 2024

Ketentuan-ketentuan tersebut diatur dalam Surat Nomor 19/PL.01.4-PU/05/2023 tentang Pengajuan Bakal Calon Anggota DPR untuk Pemilu Serentak Tahun 2024.  Banyak artis memutuskan terjun ke dunia politik. Beberapa di antaranya memutuskan maju untuk menjadi calon anggota legislatif (caleg) di Pemilu 2024.

Berikut ini daftar para artis yang nyaleg untuk Pemilu 2024 mendatang seperti dikutip dari berbagai sumber pada Kamis (11/5/2023):

1. Ahmad Dhani

Pentolan Dewa 19 akan kembali nyaleg pada Pemilu 2024 untuk daerah pemilihan (dapil) Surabaya dengan dukungan dari Partai Gerindra.

2. Kalina Oktarani

Mantan istri Vicky Prasetyo ini bergabung dengan Partai Persatuan Indonesia (Perindo) untuk rencananya nyaleg memperebutkan kursi anggota DPRD Kalimantan Timur.

3.Venna Melinda

Nama Venna Melinda ikut menghiasi daftar artis nyaleg 2024. Pernah menjadi anggota DPR RI 2014-2019, ibunda Verrel Bramasta itu kembali mencoba peruntungan dengan maju nyaleg dapil DKI Jakarta

4. Sultan Djorghi

Pesinetron ini juga siap bertarung memperebutkan DPR dapil Sumatra Utara dengan dukungan dari partai Golongan Karya (Golkar).

5. Pasha Ungu

Sudah cukup lama terjun ke dunia politik, Sigit Purnomo Syamsuddin Said alias Pasha Ungu akan mengincar kursi DPR untuk daerah pemilihan (dapil) 3 DKI Jakarta.

6. Ramzi

Nama Ramzi juga ada di daftar artis nyaleg 2023. Partai NasDem akan memasang presenter kondang ini untuk nyaleg DPR dapil Jawa Barat V yang meliputi Kabupaten Bogor

7. Choky Sitohang

Sedangkan Choky Sitohang mencalonkan diri sebagai caleg NasDem di dapil Jabar VI untuk Pemilu 2024 mendatang

8. Ali Syakieb

Ali Syakieb juga bakal maju sebagai caleg dari Partai NasDem, tapi dipasang di dapil Jabar XI yang meliputi Garut, Kabupaten dan Kota Tasikmalaya.

9.Nafa Urbach

Nafa Urbach juga masuk dalam daftar artis nyaleg 2024. Sempat gagal di Pemilu 2019 tak membuat Nafa Urbach kapok dan akan maju lagi sebagai caleg dari partai NasDem.

Selain nama tersebut, ada sejumlah  artis dan seniman yang juga masuk daftar nyaleg 2024 yang diusung PDIP, mereka adalah:

1. Rano Karno
2. Rieke Diah Pitaloka
3. Kris Dayanti
4. Harvey Malaihollo
5. Junico Siahaan
6. Once Mekel
7. Marcell Siahaan
8. Denny Cagur
9. Tamara Geraldine
10. Sari Yok Koeswoyo Koes Plus
11. Taufik Hidayat Udjo
12. Andre Hehanusa
13. Lucky Perdana
14. Roni Sianturi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya