SOLOPOS.COM - Ilustrasi berdoa. (Freepik)

Solopos.com, SOLO – Ramadan adalah bulan suci yang sangat dinantikan umat Islam, di mana mereka akan menjalankan ibadah puasa selama sebulan penuh. Di bulan yang penuh keberkahan ini, alangkah baiknya kita melakukan amalan-amalan yang dapat menambah pahala.

Terdapat banyak amalan yang dapat dilakukan selama Ramadan. Sangat disayangkan apabila tidak dilakukan. Dikutip dari Bisnis.com dan Yatimmandiri.org berikut amalan-amalan yang dapat dilakukan selama Ramadan:

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

  1. Tadarus Al-Qur’an

Bukan hanya berpuasa, tadarus Al-Qur’an juga tidak boleh ketinggalan untuk dilakukan selama Ramadan. Melakukan tadarus akan memberikan banyak pahala. Disarankan untuk melakukan tadarus Al-Qur’an setiap hari secara rutin

Ekspedisi Mudik 2024
  1. Salat Malam

Salat malam sangat disarankan untuk dilakukan, khususnya di sepertiga malam. Salat malam dapat dilakukan pada pukul dua atau tiga pagi menjelang subuh. Menjalankan salat malam dapat memberikan pahala yang melimpah.

  1. Perbanyak Iktikaf di Masjid

Sangat disarankan untuk banyak melakukan iktikaf atau berdiam diri di masjid secara rutin selama sebulan. Namun, diutamakan untuk melakukannya pada sepuluh terakhir Ramadan, karena pada hari-hari itu terdapat malam Lailatul Qadar, yaitu malam yang penuh dengan kemuliaan.

  1. Memperbanyak Sedekah

Amalan lainnya yang bisa dilakukan selama Ramadan ialah dengan banyak bersedekah, terutama sedekah dalam bentuk makanan sahur atau berbuka puasa. Membagikan makanan untuk berbuka puasa akan mendapatkan pahala yang sebanding dengan pahala orang yang kita beri sedekah. Makanan tersebut juga dapat dibagikan kepada orang-orang di pinggir jalan atau orang-orang membutuhkan.

  1. Memohon Ampunan Kepada Allah SWT

Ramadan merupakan momentum yang sangat tepat untuk memohon ampunan. Pasalnya, Allah SWT membukakan pintu ampunan yang lebar dan pahala orang beribadah akan dilipatgandakan selama Ramadan.

  1. Menjaga Lisan

Menjaga lisan sangat penting dilakukan terlebih di bulan puasa yang suci. Mengucapkan perkataan yang tidak bermanfaat dapat mengurangi pahala berpuasa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya