SOLOPOS.COM - Zainudin Amali, Azrul Ananda, Ratu Tisha Destria (MPR RI/Persebaya/Antara/Michael Siahaan)

Solopos.com, SOLO—Nama-nama seperti Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali, mantan Presiden Persebaya Surabaya Azrul Ananda hingga Sekjen PSSI 2017-2020 Ratu Tisha Destria meramaikan bursa calon Wakil Ketua Umum (Waketum) PSSI periode 2023-2027.

Total terdapat 17 nama daftar calon waketum PSSI yang masuk ke Komite Pemilihan (KP) PSSI hingga pendaftaran ditutup pada Senin (16/1/2023) pukul 18.00 WIB.

Promosi Tragedi Bintaro 1987, Musibah Memilukan yang Memicu Proyek Rel Ganda 2 Dekade

Ketua KP Amir Burhannudin menyebutkan 17 nama bakal calon waketum PSSI adalah para pendaftar yang mengajukan diri atau diajukan oleh minimal satu anggota PSSI untuk menjadi pengurus baru dalam Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI bulan depan.

KP membebaskan setiap pendaftar untuk memasukkan namanya ke tiga posisi yaitu bakal calon ketum PSSI, bakal calon wakil ketua umum PSSI dan bakal calon anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI. Hal ini membuat satu nama bisa masuk ke tiga posisi sekaligus.

Dari bakal calon waketum PSSI 2023-2027, muncul kejutan yakni Menpora Zainudin Amali. Ini menjadi momen perdana Zainudin bersaing untuk mengisi satu tempat di kepengurusan PSSI.

“Untuk Menpora, beliau datang diwakili stafnya ke Kantor PSSI sekitar pukul 12.00 WIB hari ini [Senin]. Beliau menyampaikan kesediaan mencalonkan diri menjadi wakil ketua umum PSSI,” kata Amir Burhannudin seperti dikutip dari Antara.

Dengan masuknya Menpora, ada dua menteri Kabinet Indonesia Maju setelah Menteri BUMN Erick Thohir mendaftarkan diri sebagai calon ketum PSSI.

Ada beberapa individu yang layak disorot dari bakal calon waketum di luar Zainudin Amali. Sebut saja ada Ratu Tisha Destria, sekretaris jenderal perempuan pertama PSSI 2017-2020. Ratu Tisha juga perempuan pertama yang menjadi Wakil Presiden AFF.

Berikutnya, ada Azrul Ananda yang merupakan Presiden Persebaya Surabaya 2017-2022. Di samping sepak bola, Azrul aktif pula di bola basket, di mana dia mendirikan sekaligus menjadi Direktur Utama PT Deteksi Basket Lintas (DBL) Indonesia yang rutin menggelar kompetisi bola basket usia muda.

Selanjutnya Maya Damayanti. “Anak baru” dari Cilacap berumur 45 tahun ini mencoba peruntungan di PSSI berbekal pengalaman menjadi manajer tim Liga 2 PSCS, penasihat klub sepak bola putri Bintang Manis Kebumen dan bendahara tim Persipa Pati.

Di luar mereka, bakal calon wakil ketua umum PSSI diisi nama-nama yang sudah mempunyai jejak di PSSI, sebut saja Ahmad Riyadh, Iwan Budianto, Hasnuryadi Sulaiman, Juni Rahman dan Hasani Abdulgani. Mereka adalah anggota Exco PSSI 2019-2023.

Yunus Nusi, Exco PSSI 2016-2020 dan kini Sekretaris Jenderal PSSI, juga masuk dalam kompetisi.

Keberadaan Iwan Budianto dipertanyakan karena secara terbuka telah menyatakan tidak ingin dicalonkan atau mencalonkan diri menjadi Exco PSSI 2023-2027.

Terkait hal itu, Amin Burhannudin menegaskan data bakal calon Exco 2023-2027 masih berupa data mentah. Pihaknya akan melakukan verifikasi lebih lanjut karena nama Iwan bisa saja dimasukkan oleh salah satu anggota PSSI tanpa persetujuan yang bersangkutan.

Berikut daftar bakal calon wakil ketua umum PSSI 2023-2027:
1. Ahmad Riyadh
2. Ahmad Syauqi Soeratno
3. Andre Rosiade
4. Azrul Ananda
5. Doni Setiabudi
6. Duddy Sutandi
7. Fary Djemy Francis
8. Hasani Abdulgani
9. Hasnuryadi Sulaiman
10. Iwan Budianto
11. Juni Ardianto Rahman
12. Maya Damayanti
13. Ratu Tisha
14. Sadikin Aksa
15. Yesayas Oktavianus
16. Yunus Nusi
17. Zainudin Amali

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya