SOLOPOS.COM - Rumah Ketua RT 035/RW 004 Desa Cermo, Kecamatan Kare, Kabupaten Madiun, Jawa Timur (Jatim), Damari, 35, dipasang solar cell sebagai sumber energi pengantar listrik namun kini telah rusak, Sabtu (29/8/2015). (Irawan Sapto Adhi/JIBI/Madiunpos.com)

Daerah terpencil Madiun, yakni di Dukuh Sekalus, hanya ada satu rumah yang memiliki pesawat televisi.

Madiunpos.com, MADIUN – Pesawat televisi menjadi barang mewah bagi warga Dukuh Sekalus, Dusun Poleng RT 035/RW 004 Desa Cermo, Kecamatan Kare, Kabupaten Madiun, Jawa Timur (Jatim). Setidaknya hanya ada satu rumah di daerah terpencil Madiun itu yang memiliki televisi.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Ketua RT 035/RW 004 Cermo, Damari, 35, mengatakan dari 10 rumah di Dukuh Sekalus, hanya ada satu rumah yang memiliki peranti elektronik berupa pesawat televisi. Menurut dia, televisi tidak terlalu berguna karena sumber arus listrik di Dukuh Sekalus memprihatinkan.

Damari mengatakan televisi lebih sering mati ketimbang dinyalakan dan ditonton warga. “Wonten setunggal rumah [di Dukuh ingkang gadah Tv [televisi]. Kalau pas [televisi] bisa nyala, warga ramai-ramai nonton. Tapi [tayangan] televisinya banyak yang tidak jelas [buram]. Sekarang malah [televisinya] tidak bisa dinyalakan lagi, kan tidak ada listrik karena disel rusak,” kata Damari saat berbincang dengan Madiunpos.com di rumahnya, Sabtu (29/8/2015).

Disinggung jumlah warga di Dukuh Sekalus, Damari menyampaikan, terdapat 34 orang. Puluhan orang tersebut, lanjut dia, terbagi menjadi 13 kepala keluarga (KK) yang tinggal di dalam 10 rumah. Damari menjelaskan hampir seluruh warga Dukuh Sekalus kembali ke rumah masing-masing jika hari mulai petang. Menurut dia, kondisi perkampungan di wilayah terpencil Madiun itu gelap gulita saat malam hari.

“Saat TV masih bisa dinyalakan, warga kadang keluar rumah malam hari untuk mencari hiburan. Warga asal menonton [TV] saja. Selain itu, warga keluar rumah [pada malam hari] paling kalau ada acara tertentu saja. Kalau saya hiburannya di rumah saja bersama anak-anak. Beli TV juga mahal,” ujar Damari.

 

KLIK DI SINI untuk Berita Lain Ekspedisi Daerah Terpencil Madiunpos.com Bersama Paguma:
Member Paguma Diajak Sambangi Sekalus
Sebagian Warga Madiun Ini Hidup Tanpa Listrik…
WC Blung Warga Dukuh Sekalus Pindah-Pindah
Tak Ada Listrik, Ini Cara Warga Sekalus Isi Baterai HP…
Warga Dukuh Sekalus ke Pasar Sebulan Sekali, Barang Ini yang Dibeli…  
Warga Dukuh Sekalus Paling Takut Hal Ini…

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Madiun Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya