SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Ultras Roma Curva Sud saat mendukung penampilan AS Roma. Curva Sud dianggap sebagai faktor keberuntungan yang membuat Roma mengalahkan Juventus di Stadion Olimpico, Minggu (17/2/2013) dini hari WIB. dokJIBI/SOLOPOS/Reuters

Entah hanya mitos, sugesti apa pun namanya. Pelatih AS Roma, Aurelio Andreazzoli, berpikir melakukan pemanasan di bawah Curva Sud memberi tenaga ekstra dan suntikan moril pasukannya untuk mengalahkan Juventus dengan skor 1-0 di Olimpico, Minggu (17/2) dini hari WIB.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Curva Sud merupakan bagian dalam stadion yang berada di belakang gawang sebuah tim dan dihuni para penggemar tim bersangkutan. Sebelum kickoff pasukan Giallorossi, julukan Roma, melakukam pemanasan di bawah Curva Sud ketimbang di tengah lapangan.

Hal itu rupanya dilakukan bukan tanpa alasan. Ternyata Andreazzoli yang menginstruksikan pasukan Giallorossi melakukan pemanasan di bawah Curva Sud demi mendapatkan dukungan penuh dari fans. Menurut Andreazzoli hal itu menjadi alasan di balik kemenangan istimewa atas sang pemimpin klasemen Seri-A, Juventus.

“Sampai sekarang kami memang belum menampilkan permainan terbaik kami, namun ingin mendapatkan gairah dari fans dengan melakukan pemanasan di bawah Curva Sud,” ujar suksesor Zdenek Zeman itu dilansir Football Italia.

“Mereka sangat murah hati dan mengizinkan kami melepaskan diri dari beberapa momok tersebut. Hal seperti itu juga terjadi di masa lalu,” imbuh Andreazzoli.

“Saya memberitahu staf saya mengenai hal ini dan Antonio Carlos Zago [mantan bek Roma yang sekarang menjadi direktur teknik] pernah mengalami hal ini, jadi kami tahu bahwa risiko itu [pemanasan di bawah Curva Sud] pantas diambil.”

Pada awal pekan lalu Roma menjadi sasaran cemoohan dan protes dari suporter. Sasaran protes terutama tertuju pada Pablo Daniel Osvaldo karena menyerobot penalti Francesco Totti namun mengeksekusinya dengan sangat buruk saat dibekuk Sampdoria dengan skor 1-3 pada pekan sebelumnya.

“Sejauh ini kami belum melakukan hal sepantasnya bagi fans, jadi ini berisiko dan kami tahu mungkin saja ada pukulan balik. Namun saya mengatakan kepada para pemain untuk menuju ke sana dengan kepala tegak karena Curva Sud tidak akan mengecewakan kami,” kata Andreazzoli.

“Itu [pemanasan di bawah Curva Sud] memberi kami rasa keyakinan, kepercayaan diri dan kemampuan untuk melawan Juve dalam hal karakter, kualitas, organisasi dan semangat,” sambungnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya