Curug Sibiting, Pesona Alam Tersembunyi di Jalur Pantura

lokasi Curug Sibiting berjarak 25 km dari pusat Kabupaten Batang dengan akses jalan yang mudah, yaitu di jalur alternatif Batang menuju Dieng.

 Curug Sibiting, Kabupaten Batang (Instagram/@tyosantrimbeling)

SOLOPOS.COM - Curug Sibiting, Kabupaten Batang (Instagram/@tyosantrimbeling)

Solopos.com, BATANG — Curug Sibiting adalah objek wisata di Kabupaten Batang, Jawa Tengah. Tempat ini terletak di petak 48 Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Kembanglangit Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Bandar atau secara administratif masuk dalam wilayah Kecamatan Blado, Batang.

Dihimpun dari Perhutani.co.id, Kamis (28/4/2022), Curug Sibiting berjarak 25 km dari pusat Kabupaten Batang dengan akses jalan yang mudah, yaitu di jalur alternatif Batang menuju Dieng. Wisata ini berada di dataran tinggi berudara sejuk dan jauh dari keramaian kota dengan pemandangan alam yang indah berupa pohon pinus dan damar.

PromosiBPJS Ketenagakerjaan Klaim Bikin Masyarakat Makin Aman, Yakin?

Curug Sibiting juga menawarkan kuliner makanan dan minuman tradisional khas Jawa yang menyegarkan. Dan yang membuat wisata ini menarik untuk dikunjungi adalah suasana lokasi wisata yang bisa dijadikan tempat untuk melepas penat dan lelah.

Debit air yang ada di curug ini tidak terlau deras sehingga cocok jika pengunjung ingin bermain air di bawah curug dan juga berswafoto. Lokasi  curug ini tepatnya berada di Desa Kembanglangin dan berada di kawasan perkebunan Teh Liyer serta berada di sebelah selatan Jembatan Sibiting.

Untuk sampai ke lokasi curug, bisa melewati Kebun Teh Pagilaran lalu memarkirkan kendaraan di tempat penampungan teh milik PT. Pagilaran. Sesampainya di parkiran, pengunjung bisa berjalan sekitar 200 meter.

Baca juga: Kuliner Sate Laler Khas Rembang: Cilik, Unik, Menggelitik

Melalui kerja sama antara pihak Perhutani dan warga sekitar, wisata Curug Sibiting ini bisa dikembangkan. HIngga berita ini ditulis, belum ada wahana-wahana yang menarik atau fasilitas yang disediakan. Hanya  keindahan alam asri dan alami yang saat ini disuguhkan. Namun, oleh pemuda setempat, wisata Curug Sibiting ini benar-benar dijaga kebersihan dan keasriannya

Untuk masuk ke kawasan Curug Sibiting ini masih geratis, pengunjung hanya diminta untuk membayar uang parkir saja. Wisata ini buka dari pagi 07.00 hingga 17.00 WIB.

Baca juga: Pendopo 456 Salatiga, Rest Area View Terindah di Indonesia

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Kegelapan Orde Baru, Tragedi Penembakan Misterius (Petrus) Ribuan Orang

+ PLUS Kegelapan Orde Baru, Tragedi Penembakan Misterius (Petrus) Ribuan Orang

Penembakan Misterius atau Petrus merupakan kasus yang terjadi antara 1982 hingga 1985 atau pada masa Orde Baru, era kepemimpinan Presiden Suharto, yang menyasar ribuan orang di Pulau Jawa dan Sumatra.

Berita Terkini

Cedera, Fortes Berpotensi Absen di Kanjuruhan

Striker PSIS Semarang, Carlos Fortes, mengalami cedera saat membela timnya melawan Arema FC pada semifinal leg pertama Piala Presiden di Stadion Jatidiri, Kota Semarang.

Innalillahi! 5 Petani Pemalang Tersambar Petir, 3 Meninggal

Peristiwa tragis menimpa lima petani asal Kabupaten Pemalang yang tersambar petir saat berteduh di gubuk area persawahan.

Keren! Penari Mangkunegaran Solo akan Terlibat Misi Budaya di 3 Negara

KGPAA Mangkunegara X, Bhree Cakrahutomo Wira Sudjiwo, menyampaikan sejumlah penari Pura Mangkunegaran Solo akan terlibat misi kebudayaan internasional di tiga negara.

Kental Ritual Mistis, Ayam Cemani Hasil Modifikasi Abad Ke-12

Ayam cemani yang kental dengan ritual mistis merupakan ayam lokal asli Kecamatan Kedu, Temanggung, Jawa Tengah hasil modifikasi genetik yang dikembangkan sejak abad ke-12.

Ketemu Bhre, Ganjar Usul Wisatawan Bermalam di Pura Mangkunegaran Solo

Pertemuan KGPAA Mangkunegara X, Bhree Cakrahutomo Wira Sudjiwo, dengan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, menghasilkan ide wisatawan merasakan sensasi bermalam di Pura Mangkunegaran Solo.

Bhre Temui Ganjar di Semarang Bahas Pura Mangkunegaran Solo, Kenapa Ya?

KGPAA Mangkunegara X, Bhree Cakrahutomo Wira Sudjiwo, menemui Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, untuk membahas rencana pengembangan Pura Mangkunegaran Solo.

Balai Bahasa Jateng Gelar Pelatihan Guru Bahasa Jawa di Banjarnegara

Balai Bahasa Jawa Tengah atau Jateng menggelar pelatihan terhadap 251 guru bahasa Jawa tingkat SD dan SMP di Bannjarnegara.

BPJS Ketenagakerjaan Klaim Bikin Masyarakat Makin Aman, Yakin?

BPJS Ketenagakerjaan mengklaim akan memberikan rasa aman kepada para pesertanya.

Menelusuri Jejak Bus Bumel di Kota Semarang

Bus bumel keberadaannya di Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng), saat ini mulai terpinggirkan dan hampir punah.

Walah! Nama Pendaftar Hilang di PPDB Jateng Tidak Cuma di Solo & Sragen

Masalah penyalahgunaan akun yang menyebabkan hilangnya nama siswa dalam PPDB Jateng 2022 terjadi di sejumlah wilayah, tidak hanya Solo dan Sragen.

Deretan Bus Bumel yang Pernah Berjaya di Semarang, Ada yang 300 Unit

Bus bumel pernah mengalami masa kejayaan sebagai pilihan transportasi masyarakat, termasuk di Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng).

Lo! ASN Pemkot Semarang Dilarang Pakai Kendaraan Pribadi ke Kantor

Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi, melarang seluruh pegawai di lingkungan Pemkot Semarang, baik ASN maupun non-ASN menggunakan kendaraan pribadi ke kantor.

Waspada! Banyak Kerupuk dan Mi di Batang Mengandung Zat Kimia Berbahaya

BBPOM Semarang menemukan masih banyak mi dan kerupuk yang beredar di Kabupaten Batang, Jawa Tengah (Jateng), mengandung bahan kimia berbahaya.

Vaksin Booster Syarat Masuk Mal, Ganjar: Kalau Perlu Ada Tempat Suntik

Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, menyambut positif wacana pemberlakuan vaksin booster sebagai syarat perjalanan dan masuk ke mal.

Dapat Asimilasi, 56 Napi LP Kedungpane Semarang Jalani Tahanan Rumah

Sebanyak 56 napi LP Kelas I Semarang atau Lapas Kedungpane mendapat asimilasi dan diizinkan menjalani sisa masa hukuman di rumah.

Perempuan Muda Asal Grobogan Diduga Jadi Korban Perdagangan Manusia

Seorang perempuan muda berinisial ES, 24 tahun, asal Desa Sambirejo, Kecamatan Wirosari diduga menjadi korban perdagangan manusia