Curi Emas Tetangga, 2 Warga Temanggung Diringkus Polisi
Polisi Temanggung menunjukkan sejumlah perhiasan emas curian di mapolres setempat. (Antara-Heru Suyitno)

Semarangpos.com, TEMANGGUNG — Kepolisian Resor Temanggung menahan Irpan dan Budi Priyatno warga Desa Bagusan, Selopampang, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah yang dituduh mencuri perhiasan emas milik tetangga mereka.

Kasubbag Humas Polres Temanggung AKP Henny Widiyanti di Temanggung, Kamis (20/9/2018), mengatakan kedua tersangka itu mencuri di rumah Iwan Agus Susilo saat rumah tersebut dalam kondisi kosong. Berdasarkan keterangan tersangka, kedua orang itu masuk dengan melompat pagar rumah bagian belakang kemudian mencongkel pintu dengan menggunakan obeng dan mencongkel pintu kamar korban, selanjutnya mengambil perhiasan emas dan uang di lemari korban.

Kronologi kejadian, paparnya, saat keluarga korban pulang dari bepergian melihat pintu teras belakang rumah terbuka dan pintu kamar utama juga terbuka dan saat melihat almari di kamar juga terbuka. Kemudian korban dan istrinya mengecek tempat perhiasan di almari kecil, ternyata perhiasan mereka sudah hilang dan uang tunai di almari juga hilang.

Akibat pencurian tersebut, korban menderita kerugian uang sebesar Rp23 juta dan perhiasan emas berupa kalung, gelang, dan cincin seberat kurang lebih 200 gram yang raib. "Kejadian tersebut kemudian dilaporkan korban ke kepolisian," katanya.

Henny mengatakan setelah melakukan penyelidikan selama tiga hari, polisi menangkap dua dari tiga orang tersangka pelaku pencurian tersebut. Satu pelaku, yakni Beni Agus Saputro, yang membawa uang Rp23 juta saat ini menjadi daftar pencarian orang.

Ia mengatakan para tersangka dijerat Pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan, dengan ancaman hukuman paling lama tujuh tahun penjara. Tersangka Irpan mengatakan melakukan pencurian tersebut karena diajak Beni yang kini belum tertangkap.

Ia menuturkan perhiasan emas dari hasil mencuri masih utuh dan belum sempat dijual saat ditangkap polisi, sedangkan uang yang dicuri dibawa oleh Beni. "Saya tidak tahu kalau di dalam rumah tersebut ada sejumlah perhiasannya, saya hanya diajak Beni dan baru sekali ini saya mencuri," katanya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya









Kolom