SOLOPOS.COM - Asuransi AIA (Istimewa)

Solopos.com, SOLO — Keluhan nasabah asuransi AIA yang merasa dirugikan tidak hanya datang dari ribuan nasabah yang bergabung di grup Facebook Korban Penipuan Asuransi AIA, melainkan juga di Solo.

Karyawan swasta yang sudah mengambil seluruh dana asuransinya tahun lalu itu mengaku nilai uang yang dia terima hanya separuh dari total premi.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Mantan nasabah AIA Solo, Astrid Dewi, mengaku menjadi nasabah asuransi jiwa AIA selama delapan tahun. Selama kurun waktu itu, dia rutin membayar premi asuransi unit link AIA senilai Rp450.000 per bulan dengan sistem autodebet.

Baca juga: Helm Valentino Rossi Soleluna 2021, Gabungan Pesona Matahari dan Bulan

Ekspedisi Mudik 2024

“Premi saya seharusnya Rp40 juta, tapi cuma dapat Rp20 juta. Waktu itu alasan dari agen karena kondisi ekonomi jadi nilainya turun. Daripada hilang ya saya ambil semua, terimanya 50 persen,” kata dia saat ditemui Solopos.com di Solo, Jumat (26/3/2020).

Astrid menambahkan sebelumnya pernah berniat menghapus polis asuransi AIA ketika sudah bergabung sekitar tujuh tahun.

Namun, pihak agen menyampaikan uang tidak bisa diambil sebelum selesai kontrak yakni delapan tahun. Mendekati selesai kontrak, sekitar Desember 2020, Astrid dihubungi agen.

Baca juga: Resmikan Terminal dan Stasiun Siaga Candi, Kapolres Klaten Acungi Jempol

Saran dari Agen

“Waktu itu agen yang menyampaikan bahwa nilai polis saya turun karena kondisi ekonomi. Lalu diberi saran daripada nanti loss sebaiknya diambil. Ya saya ikut saja. Desember [2020] saja ajukan, Januari [2021] cair,” ujar dia.

Astrid mengaku kecewa sebab uang yang sedianya menjadi dana simpanan untuk keperluan masa depan terpaksa hilang. Dia pun bisa memahami mengapa ribuan nasabah asuransi AIA sampai membuat grup Facebook Korban Penipuan Asuransi AI.

Baca juga: Yuk Intip Wujud Kompleks Perumahan Manusia di Planet Mars

Diberitakan Solopos.com sebelumnya, hingga Jumat sore grup Facebook bernama Korban Penipuan Asuransi AIA sudah menghimpun 3.600-an anggota. Grup Facebook itu menjadi media berkeluh kesah mengenai uang nasabah yang berkurang drastis dan tidak sesuai dengan janji agen.

Sementara itu, Chief Marketing Officer PT AIA Financial Lim Chet Ming dalam rilisnya yang diterima nasabah mengungkapkan nasabah asuransi AIA selalu menjadi prioritas perusahaan.

“Sejalan dengan komitmen perusahaan untuk membantu jutaan keluarga di Indonesia hidup lebih sehat, lebih lama dan lebih baik,” kata dia. Dia menyebut pelayanan kepada nasabah Asuransi AIA bsia diakses melalui AIA Customer Care Line dengan nomor 1500980 atau (021) 30001980 dan melalui email id.customer@aia.com.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya